Sering Susah Tidur?, Berikut Ini Cara Mengatasinya Tanpa Bantuan Obat

Shutterstock

Bosscha.id – Tidur pada malam hari adalah cara tubuh untuk beristirahat, setelah lelah seharian beraktivitas. Dengan beristirahat tubuh pun akan kembali segar keesokan harinya. Namun sayang ada beberapa orang yang malah mengalami kesulitan jika hendak tidur pada malam hari.

Ini biasa disebut insomnia, suatu kondisi dimana kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk gelisah ketika berbaring di tempat tidur. Banyak orang mengira insomnia adalah kurang tidur, padahal ini adalah kondisi yang mencegah kita dari tidur nyenyak. 

Ada banyak penyebab di balik tidur yang terganggu, antara lain gaya hidup tidak sehat, pola makan buruk, stres, depresi, dan rasa cemas berlebih. Penggunaan gadget yang berlebihan juga bisa mengurangi waktu tidur berkualitas kita.

Dan masalah insomnia tidak harus selalu diatasi dengan konsumsi obat-obatan. Beberapa cara alami yang telah dirangkum bosscha.id berikut ini pun bisa Anda coba terapkan demi tidur malam yang nyenyak dan optimal.

Gunakan Essential Oil

Banyak orang yang sudah tahu bahwa essential oil bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Essential oil lavender pun bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga tubuh kita lebih siap untuk tidur.  Anda bisa menyemprotkan atau meneteskannya pada permukaan bantal dan seprai sebelum pergi tidur. Dengan begitu Anda bisa menghirup wanginya agar bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.

Cuci Seprai Tempat Tidur 

Ada alasan mengapa tempat tidur di hotel terlihat sangat  terasa nyaman, sebab seprainya bersih dan tempat tidurnya nyaman. Jadi, jika tempat tidur di rumah kurang terasa nyaman, Anda mungkin bisa mengganti seprai dan memastikan wangi tempat tidur segar. 

Anda juga bisa menata tempat tidur dan memilih bantal yang empuk dan nyaman. Pastikan suhu ruangan sejuk, sebab menurunkan suhu tubuh memberi sinyal pada otak untuk melepaskan melatonin atau hormon tidur.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Jika waktu malam hari tiba, Anda harus memperhatikan makanan-makanan yang dikonsumsi. Jangan sembarang menyantap makanan, jika tidak ingin tidur Anda terganggu. Mengkonsumsi makanan tinggi gula sebelum tidur berpotensi membuat Anda terjaga sepanjang malam. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk minum segelas susu hangat dan sepotong roti panggang.  Teh herbal tertentu seperti kamomil, serai atau lavender dapat membuat tubuh dan pikiran kita lebih rileks, yang akan berdampak pada kualitas tidur yang lebih baik.

Batasi Penggunaan Gadget di Malam Hari

Cara mengatasi susah tidur lainnya adalah dengan tidak melakukan aktivitas yang akan membuat Anda semakin terjaga. Seperti membuka layar handphone, menonton TV, atau bermain game di pada gadget yang Anda Punya. Ingat, blue light yang dipancarkan oleh layar gadget akan semakin membuat Anda terjaga dan sulit tidur.

Lakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga ringan yang dilakukan secara teratur seperti berenang dan jalan kaki bisa mengurangi tekanan yang menumpuk akibat pekerjaan maupun masalah lain yang sedang dialami. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih cepat tertidur. Namun, jangan lakukan olahraga yang terlalu berat. Sebab, latihan kelewat berat justru akan membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password