Keren, KBB Dipilih Jadi Pilot Project New Normal Pariwisata

Bosscha.id– Kabupaten Bandung Barat dijadikan pilot project padat karya dalam upaya mitigasi dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di sektor pariwisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Dijadikannya KBB sebagai pilot project guna mendorong peringkat Indonesia dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) pasca terdampak Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandug Barat, Sri Dustirawati mengatakan, setelah ditunjuk sebagai pilot project tersebut, kawasan pariwisata yang menjadi penunjang destinasi mulai dibenahi. 

“Kegiatan ini diberi nama Gerakan Bersih, Indah, Sehat, dan Aman (Gerakan BISA). Ini sebagai upaya peningkatan kualitas dan daya saing destinasi pariwisata Indonesia,” kata Sri kepada Bosscha.id, Kamis (9/7/2020).

Sri menjelaskan dalam pelakasanaan “Gerakan Bisa” yang juga melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) KBB, selain melakukan bersih-bersih kawasan strategis, Kemenparekraf RI telah melengkapi fasilitas yang menjadi sasaran lokus padat karya. 

“Mulai dari pengecatan di kawasan Alun-alun Lembang, pemasangan sarana prasarana cuci tangan, tempat sampah, pembagian APD dan bantuan kerohiman (sembako) kepada pelaku wisata semua kita sudah laksanakan. Kami bersyukur, semua berjalan dengan lancar,” ungkap Sri.

Baca Juga:   Aa Umbara Ingin Cetak Atlet Berprestasi dari Lapangan Desa

Lebih lanjut Sri menambahkan, untuk lokus padat karya di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pelaku pariwisata itu pun telah menjadi prioritas.

“Destinasi non ticketing seperti tempat-tempat jualan kuliner mulai dari penjual jagung bakar, kopi dan mie di pinggir jalan beberapa sudah dipasang wastafel,” ujar Sri.

Infografis: Bosscha.id

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password