Selama Pandemi Covid-19 BPKD KBB Beri Kemudahan Warga Bayar PBB dan BPHTB

Bosscha.id– Selama Pandemi Covid-19 masyarakat Kabupaten Bandung Barat mendapat kemudahan untuk melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). 

Kepala BPKD KBB, Agustina Piryanti melalui Kepala Bidang Pajak II Badan Pengelolan Keuangan Daerah (BPKD) Rega Wiguna mengatakan, di masa pandemi Covid-19 pembayaran PBB bisa dilakukan di outlet perbankan, Kantor Pos, e-commerce hingga gerai minimarket. Adapun beberapa outlet tersebut diantaranya Bank BJB, PT Pos, Indomart, Alfamart, BukaLapak, Tokopedia dan PPOB BJB.

“Selama pandemi Covid-19 masyarakat tidak perlu khawatir terlambat membayar PBB karena kami terus menyediakan berbagai kemudahan,” kata Rega, Rabu 8 Juli 2020.

Menurut Rega, selain untuk meghindari kerumunan masyarakat di masa pandemi Covid-19, cara tersebut juga dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Derah (PAD). Sebab menurutnya, selama pandemi itu berdampak cukup besar terhadap penerimaan penurunan PAD. 

“Selama AKB, penerimaan pajak dari PBB dan BPHTB belum memenuhui target.Dari target BPHTB Rp 80 miliar, baru terealisasi sebesar Rp 39 miliar.Sementara itu untuk target PBB yang ditetapkan sebesar RP 75 miliar, baru terealisasi Rp 16 miliar lebih,” kata Rega.

Infogarfis: Bosscha.id

Adapun Rega optimis bahwa target tersebut bisa terealiasi. Terlebih menurutnya, dengan adanya pelayanan tersebut pembayaran PBB dan BPHTB mengalami kenaikan cukup signifikan.

“Di masa pandemi sehari kita bisa dapat Rp 50 juta. Termasuk saat AKB pendapatan pernah sampai Rp 150 juta perhari. ” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password