Catat, Ini Tips Memilih Sepeda untuk Goweser Pemula

Foto: Shutterstock

Bosscha.id –  Pandemi Covid-19 telah membawa banyak perubahan pola kehidupan terutama bagi warga negara Indonesia. Salah satu pola perubahan hidup yang dialami oleh warga negara Indonesia adalah gemar bersepeda. Banyak warga negara Indonesia memilih bersepeda untuk berolahraga atau agar tubuh jauh lebih banyak bergerak.

Hal ini pun membuat penjualan sepeda meningkat drastis. Namun, perlu diperhatikan. Jangan mentang-mentang sedang menjadi trend, lalu kita ikut-ikutan membeli sepeda dengan tidak memperhatikan kenyamanan dan keamanan dalam bersepeda.

Memilih sepeda yang tepat dan nyaman, memang susah-susah gampang. Terlebih bagi pesepeda atau goweser pemula yang baru mulai menggeluti hobi ini. Jangan sampai setelah membeli, justru menyesal di kemudian hari. Entah karena tidak sesuai spesifikasinya, tidak pas dengan postur tubuh, atau malah tak sesuai dengan budget.

Lantas, bagaimana cara memilih sepeda yang baik dan tepat bagi kita di tengah banyaknya jenis dan merek sepeda yang beredar di pasaran sesuai kebutuhan Anda.

Tujuan

Sebelum menentukan untuk membeli sebuah sepeda, terlebih dahulu Anda harus mengerti apa tujuan Anda membeli sepeda. Pasalnya sepeda sendiri memiliki berbagai jenis dan juga tipe yang diklasifikasikan untuk tujuan yang berbeda beda. Seperti sepeda untuk touring, bersepeda ringan, atau balapan akan membutuhkan tipe sepeda yang berbeda pula.

Untuk jenis sepeda sendiri ada berbagai macam, namun berikut klasifikasi umum dari jenis sepeda  Sepeda Gunung (MTB), Sepeda Balap (Road Bike), BMX, Sepeda Lipat (Folding Bike), Sepeda gravel, Sepeda Listrik.

Setelah mengetahui tujuan Anda membeli sepeda, tentu Anda akan tahu sepeda apa yang diperlukan. Dengan begitu sepeda yang Anda beli akan sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan Postur Tubuh

Hal ini merupakan unsur terpenting yang harus di perhatikan.Pasalnya kala hendak membeli sepedah Anda harus mempertimbangkan ukuran badan, panjang kaki dan tubuh untuk mendapatkan sepeda yang nyaman saat digunakan.

Baca Juga:   Sejarah 7 Agustus: Penerbangan Rahasia Sukarno ke Vietnam, untuk Apa?

Jika Anda salah dalam memilih sepeda, bukan sehat atau merasakan manfaat dari sepeda namun justru akan mendapatkan rasa sakit di beberapa bagian tubuh. Salah satunya seperti tulang persendian, kaki, hingga tulang pantat Anda.

Perhatikan Fitur dan Komponen Sepeda

Unsur ini juga harus Anda pertimbangkan kala membeli sepeda. Meski terkesan sederhana namun hal ini sangat mempengaruhi tingkat kepuasan Anda nantinya. Memiliki sepeda dengan fitur dan komponen yang lengkap menyesuaikan kebutuhan Anda kala bersepeda.

Selain itu jika Anda memastikan seluruh fitur dan juga komponen telah terpenuhi maka, jika ingin mengupgrade sepeda tidak akan membutuhkan budged yang terlalu besar.

Sesuaikan Dana Anda

Yang terakhir dan wajib diketahui oleh para goweser pemula saat memilih sepeda adalah soal dana. Saat ini, di pasaran, banyak sepeda yang dijual dengan harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Nah, bagi goweser pemula, jangan sampai kalap saat membeli sepeda. Jangan hanya karena melihat model bagus, speknya lebih mumpuni, dan mahal, lantas ikut-ikutan membeli.

Padahal belum tentu dana kita cukup untuk membeli sepeda yang kita inginkan, maka cara yang paling bijak adalah sesuaikan dana yang dimiliki dengan sepeda yang diperlukan. Jika dana yang dimiliki tidak mencukupi, Anda bisa mencari merk lain yang lebih murah dengan spesifikasi yang sama. Atau Anda bisa sedikit bersabar dengan menabung lagi untuk membeli sepeda impian.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password