Catat, Ini Daftar 99 Investasi Bodong & Modus Busuknya Jebak Warga

Ilustrasi foto via: moneycompass.com

Bosscha.id– Satgas Waspada Investasi menyetop operasi dari 99 investasi bodong. Jenis penipuan ini menawarkan imbal hasil yang tinggi dan tak wajar sebagai modus busuk buat menjerat warga.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengatakan 99 investasi bodong ini menawarkan imbal hasil yang menggiurkan tanpa risiko. Hal ini menjadi penarik bagi masyarakat yang lagi susah.

“Kalau menemukan penawaran menarik lihat rasionalitas imbal hasilnya. Sangat menyesatkan kalau ada yang menawarkan [imbal hasil] fix 1%. Itu gak mungkin,” ujar Tongam dalam konferensi pers digital, Jumat (3/7/2020) dilansir CNBC Indonesia.

Tongam juga mengimbau kepada masyarakat agar sebelum melakukan investasi untuk memastikan beberapa hal. Pertama, memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Kedua, memastikan pihak yang menawarkan produk investasi, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar. Ketiga, memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Informasi saja, dari 99 entitas tersebut, 87 Perdagangan Berjangka atau Forex Ilegal, 2 Penjualan Langsung (Direct Selling) Ilegal, 3 Investasi Cryptocurrency Ilegal, 3 Investasi uang, dan 4 lainnya.

Berikut daftar 99 investasi bodong yang ditutup oleh Satgas Waspada Investasi:

Baca Juga:   Sejarah 6 Agustus: Kala Little Boy Hancurkan Kota Hiroshima dan Membuat Jepang Menyerah

Source: CNBC Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password