Janji Bupati Aa Umbara: Serius Perhatikan Hak Penyandang Disabilitas

Ilustrasi Bosscha.id

Bosscha.id– Pemerintah Kabupaten Bandung Barat memastikan akan lebih serius memperhatikan hak-hak penyandang disabilitas di tengah pandemi Covid-19.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, pihaknya akan membuat kebijakan khusus bagi kaum disabilitas agar mendapatkan hak hidup yang lebih layak dan bebas dari diskriminasi.

“Bapak sangat sayang kalau melihat anak-anak disabilitas. Bapak pastikan, penyandang disabilitas akan menjadi skala prioritas,” kata Aa Umbara seusai menyerahakan bantuan sosial bersama Dirjen dari Kemsos kepada penyandang disabilitas dan anak terlantar, di Ngamprah, Rabu (1/7/2020).

Aa Umbara juga memastikan dukungan terhadap kaum disabilitas untuk mewujudukan kehidupan yang lebih baik tengah diupayakan oleh pemerintah daerah. Terlebih menurutnya, di tengah keterbatasannya, namun banyak penyandang disabilitas yang memiliki potensi besar.

“Potensinya terkadang melebih dari orang-orang pada umumnya. Disamping dirinya ada kekurangan, tapi kelebihan dalam hal yang lain itu banyak. Rencananya kita akan kerjasama dengan salah satu yayasan. Mudah-mudahan setelah itu, penyandang disabilitas tidak ada lagi yang terlantar dan dapat perhatian lebih,” ungkapnya.

Di Kabupaten Bandung Barat pada 2019 lalu tercatat jumlah penyandang disabilitas mencapai 5.758 orang. Mereka terdiri atas berbagai usia dan disabilitas yang berbeda-beda, seperti disabilitas fisik, sensorik, dan mental.

Baca Juga:   Sejarah 5 Agustus: Soichiro Honda, Dari Pembalap Menjelma Jadi Raksasa Otomotif Dunia

Diakui Umbara, Kabupaten Bandung Barat hingga kini masih belum ramah disabilitas. Banyak tempat-tempat umum yang belum memberikan fasilitas memadai bagi para diafabel, diantaranya di Komplek Pemkab Bandung Barat, Kecamatan dan sejumlah fasilitas publik lainnya.

“Oleh karena itu untuk 2021, kita juga akan ada skala prioritas agar bagaimana fasilitas-fasilitas ramah disabilitas di Kecamatan maupun ruang publik lainnya itu bisa hadir,” kata Umbara.

Lebih lanjut, Aa Umbara menyambut baik apabila rencana Hari Disabilitas Nasional bisa diselengarakan di Kabupaten Bandung Barat.

“Pak Dirjen sudah menawarkan KBB menjadi tuan rumah hari disibalitas nasional. KBB siap. Mudah-mudahan kalau tidak pak presiden yang datang bisa juga pak wapres,” tuturnya.

Infografis Bosscha.id

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password