Sejarah 29 Juni: Kali Pertama Brasil Menjadi Juara Piala Dunia

Pele membawa timnas Brasil juara Piala Dunia FIFA 1958 (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Hari ini 62 tahun yang lalu, tim nasional sepak bola Brasil berhasil mengukir sejarah untuk dunia sepak bola dunia. Hari itu, pada 29 Juni 1958 untuk pertama kalinya Brasil menjuarai Piala Dunia FIFA.

Piala Dunia 1958 yang berlangsung pada 8-29 Juni menjadi momentum emas bagi Brasil untuk memekakan mata dunia. Brasil yang kala itu dibesut oleh Vincente Veola datang ke Swedia dengan kekuatan yang mengerikan, terutama di sektor penyerangan.

Barisan depan Brasil kala itu dihuni pemain-pemain legenda seperti Pele, Manuel Francisco dos Santos (Garrincha), dan Mario Zagallo. Ketiganya menjadi trisula di lini depan dengan sokongan bola dari Didi yang berperan sebagai jenderal lapangan tengah.

Di fase grup, hadangan Uni Soviet, Inggris, dan Austria berhasil dilewati Brasil. Mereka pun memastikan satu tempat di perempatfinal dengan status juara Grup 4 setelah meraih dua kemenangan atas Austria (3-0) dan Uni Soviet (2-0), serta bermain imbang 0-0 dengan Inggris. Brasil terus melaju hingga menapak ke final, setelah membungkam Wales 1-0 di perempat final dan menumbangkan Perancis 5-2 di semifinal.

Dan di partai puncak, Brasil pun sudah ditunggu Swedia. Berhadapan dengan tuan rumah, Brasil tak terlalu diunggulkan karena Swedia juga menunjukkan performa impresif selama gelaran Piala Dunia 1958. Brasil pun tak diuntungkan sejarah, karena dalam empat edisi Piala Dunia sebelumnya, juara selalu berasal dari benua yang sama dengan tim tuan rumah.

Tapi prediksi tersebut pun akhirnya terpatahkan. Brasil pun berhasil mengalahkan Swedia 5-2 di laga final untuk meraih gelar Piala Dunia pertama mereka dalam sejarah. Pertandingan yang disaksikan 51.800 penonton itu pun menjadi ajang pesakitan bagi tim tuan rumah, Swedia.

Di kubu Brasil, ada sosok Edison Arantes do Nascimento atau yang lebih dikenal dengan Pele menjadi pusat perhatian kala itu. Pele masih berusia 17 tahun tatkala memulai debut pada Piala Dunia 1958 Swedia dan membawa negaranya tampil sebagai juara.

Baca Juga:   Sejarah 4 Juli: Partai Nasional Indonesia, Partai Politik Tertua di Indonesia

Pertandingan pertama Pele dalam Piala Dunia 1958 adalah melawan Uni Soviet. Pele kemudian mencetak gol pertama untuk Brasil ketika melawan tim nasional Wales yang mengantarkan  Brasil ke semifinal melawan Perancis. Pada babak pertama, Brasil telah unggul 2-1, kemudian Pele mencetak hattrick, menjadi pemain termuda pertama yang melakukannya.

Pada laga final melawan tuan rumah Swedia, Pele pun menjadi orang termuda yang pernah tampil dalam final Piala Dunia dalam usia 17 tahun. Dia mencetak 2 gol pada pertandingan itu, dan salah satunya didaulat sebagai salah satu gol terindah dalam sejarah Piala Dunia FIFA.

Kesuksesan tersebut pun menjadi awal kejayaan Brasil di event empat tahunan tersebut. Setelah itu, Brasil sukses menjuarai empat gelaran Piala Dunia selanjutnya (1962, 1970, 1994, dan 2002). Torehan lima trofi Jules Rimet yang dikoleksi Brasil membuat mereka menjadi tim tersukses sepanjang sejarah Piala Dunia.

Kisah sukses Pele membawa timnas Brasil juara Piala Dunia FIFA 1958 diangkat ke layar lebar. Film berjudul Pele: The Birth of Legend yang rilis pertama kali pada tahun 2016. Di film itu diceritakan bagaimana Pele menjalani kehidupan yang sulit di Brasil.  Namun, di usia 17 tahun ia berhasil mewujudkan impiannya menjadi seorang pesepak bola dan membawa Brasil menjuarai ajang Piala Dunia.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password