Revitalisasi Objek Wisata Curug Malela dan Situ Ciburuy Berlanjut 2021

Ilustrasi objek wisata Curug Malela dan Situ Ciburuy. Bosscha.id

Bosscha.id– Revitalisasi dua objek wisata di Kabupaten Bandung Barat yakni Curug Malela di Kecamatan Rongga dan Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang akan kembali dilanjutkan secara bertahap pada 2021 mendatang. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, Sri Dustirawati, percepatan penyelsaian revitalisasi dua objek wisata tersebut bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan pasca terhambat oleh pandemi Covid-19.

“Curug Malela dan Situ Ciburuy masih butuh berbenah. Insyaallah rencananya tahun depan akan kita mulai lagi pembangunannya,” kata Sri kepada Bosscha.id, Senin (29/6/2020).

Sri menuturkan bahwa seharusnya proses revitalisasi dua objek wisata tersebut dilakukan pada tahun ini. Namun lantaran adanya pandemi Covid-19 terpaksa proses revitalisasi baru akan dimulai pada 2021 mendatang.

Sri menjelaskan, percepatan penataan dua objek tersebut, juga merupakan salah satu strategi untuk pengembangan pemeretaan kawasan wisata baru di Kabupaten Bandung Barat yang diharapkan mampu menjadi unggulan tujuan investasi baru.

“Revitalisasi untuk menambah estetika wajah baru daerah tujuan wisata di KBB. Di KBB sendiri sektor pariwisata salah satu yang bisa diandalkan secara efek domino ekonomi,” katanya.

Baca Juga:   Keren, KBB Dipilih Jadi Pilot Project New Normal Pariwisata
Infografis Bosscha.id

Lebih lanjut Sri mengatakan, revitalisasi dua objek tersebut rencananya menggunakan anggaran bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ia berharap, untuk proses pembangunan tahap II ini bisa berjalan sesuai dengan rencana.

“Secara konsep mulai dari pembangunan amphitheater, pembangunan pedestrian di sekitar objek wisata itu semua sudah ada. Termasuk untuk kawasan Curug Malela, sudah ada konsep jalur untuk menuju air terjun yang ramah semua usia. Sekarang tinggal menunggu saja anggaran revitalisasi dari provinsi,’ ungkapnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password