Catat, Ini Tips agar Anak Aman Jika Harus Kembali ke Sekolah saat New Normal

bosscha.id

Bosscha.id – Sejak PSBB perlahan berubah menuju new normal, hampir semua aktivitas mulai berjalan seperti biasa. Para karyawan sudah bekerja dari kantor lagi, serta mal dan pusat perbelanjaan kembali dibuka. Hanya saja untuk sekolah dan kuliah, kegiatan belajar-mengajarnya masih dilakukan secara online dari rumah.

Lantas, mungkinkah anak-anak kembali sekolah di era new normal yang notabene hampir semua kota masih belum terbebas sedikit pun dari pandemi Covid-19?. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kini tengah berancang-ancang membuka kembali aktivitas sekolah di tengah pandemi Covid-19 mulai Juli atau awal tahun ajaran baru 2020/2021.

Rencananya, sekolah akan dibuka secara bertahap. Mulai dari tingkat SMP-SMA sederajat, disusul oleh tingkat SD-sederajat dua bulan kemudian, dan tingkat PAUD-sederajat empat bulan setelahnya.

Skema kegiatan belajar-mengajar pun telah disusun selama penerapan new normal ini. Menurut Mendikbud  Nadiem Makarim, hanya sekolah di zona hijau saja yang diperbolehkan menggelar kegiatan belajar-mengajar tatap muka, itu pun dengan protokol kesehatan yang ketat.

sumber : Kementrian Pendidikan & Budaya

Lalu, bagaimana sebaiknya orang tua bersikap agar anak bisa menjalani kehidupan new normal di sekolah, sekaligus terhindar dari paparan virus corona? Merangkum berbagai sumber, berikut ini beberapa tips aman sekolah di tengah pandemi yang bisa diterapkan para orangtua kepada anak.

Ingatkan Kembali Mengenai Bahayanya Corona

Mewabahnya virus corona ini tentu akan membawa dampak kurang mengenakkan bagi kehidupan anak, apalagi saat akan masuk sekolah di era new normal. Sebelum itu, orang tua perlu memberi pengertian lagi kepada anak tentang bahaya virus corona. Pemahaman yang baik tentu tak akan membuat anak takut, tetapi akan membuat anak lebih waspada dengan lingkungan yang baru. Kita bisa memberikan edukasi kepada anak tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan jika masuk sekolah selama pandemi virus corona masih berlangsung.

Ajarkan dan Biasakan Anak dengan Protokol Kesehatan

Jika anak diharuskan kembali ke sekolah meskipun pandemi belum juga berakhir. Dengan kondisi tersebut, tentunya orang tua harus membiasakan anak dengan protokol kesehatan sekalipun daerahnya termasuk zona hijau. Nah, protokol kesehatan yang harus ditaati selama di sekolahantara lain: Memakai masker kain, selalu membawa hand sanitizer di saku seragam, rajin mencuci tangan dengan sabun yang disediakan di lingkungan sekolah, menjaga jarak dengan teman saat di sekolah, bawakan anak bekal atau jajanan dari rumah agar lebih higienis, dan hindari bersalaman dengan orang-orang yang berada di sekolah.

Baca Juga:   Sejarah 5 Agustus: Soichiro Honda, Dari Pembalap Menjelma Jadi Raksasa Otomotif Dunia

Latih Terus Kedisiplinan Anak

Belajar di rumah selama PSBB, itu akan membuat anak cukup sulit beradaptasi dengan rutinitas sekolah jika tahun ajaran baru sudah tiba. Hal ini menjadi tugas orang tua untuk membekali anak-anaknya agar lebih disiplin, serta tidak merasa canggung untuk memasuki lingkungan barunya. Anak-anak harus kembali disiplin membiasakan diri untuk  menata ulang kehidupannya seperti biasa. Disiplin yang dilakukan bisa dimulai dari tidur tidak terlalu larut malam, bangun pagi, sarapan pagi, menyiapkan keperluan sekolah, dan lain sebagainya. Dengan begitu  anak akan terbiasa lagi dengan era new normal di sekolah.

Hindari Cemas Berlebih

Kecemasan yang berlebih hanya akan menumbuhkan sikap overprotective  kepada sang buah hati. Wajar memang perasaan cemas tumbuh saat harus melepas anak di lingkungan baru, ditambah lagi masih dalam kondisi pandemi seperti sekarang. Namun, kita juga perlu memikirkan dampaknya terhadap anak. Selain membuat anak tidak nyaman, ia pun nantinya akan merasa tak percaya diri dan ikut cemas karena terpengaruhi sikap orangtuanya. Maka itu, hindari rasa cemas berlebih saat harus melepas anak kembali ke sekolah saat pandemi, selama semua tips di atas telah kita terapkan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password