Jurus Aa Umbara Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New Normal

Ilustrasi Bosscha.id

Bosscha.id– Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna terus mendorong pemulihan ekonomi yang digerakkan masyarakat kelas menengah ke bawah saat memasuki fase new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Upaya pemulihan ekonomi tersebut dengan memperkuat sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pasca terpukul baik dari sisi supply maupun demand, dari adanya pandemi Covid-19.

“Kenapa UMKM? karena UMKM sebagai aktifvitas perekonomian rakyat memegang peranan penting dalam membantu memutarkan perekonomian nasional.  Terlebih lagi, 98% perekonomian suatu negara berasal dari sektor UMKM,” kata Aa Umbara, Selasa (16/6/2020).

Dalam menghadapi AKB, untuk penguatan ekonomi kerakyatan, Pemkab Bandung Barat melakukan proses kerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Aa Umbara berharap komitmen tersebut dapat terus mengurangi kesenjangan antara pelaku ekonomi bawah dan pelaku ekonomi menengah atas.

“Situtasi pandemi memaksa kurang lebih 6.000 pelaku UMKM terdampak. Alhamdulillah, salah satu BUMN berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi di KBB, khusunya untuk pelaku UMKM ini,” ujar Aa Umbara.

Meski demikia Aa Umbara mengatakan, pemulihan ekonomi akan dilakukan secara bertahap. Terlebih di masa pandemi Covid-19, sektor kesehatan masyarakat merupakan yang paling prioritas.

Baca Juga:   Flyover Padalarang Segera Dibangun, Begini Rekayasa Lalin di Sejumlah Titik

“Penanganan Covid-19 itu sudah menjadi prioritas utama kami. Oleh karena itu, kita mulai masuk ke tahap pemulihan ekonomi, itu dilakukan secara bertahap dan tetap dengan standar kesehatan,” katanya.

Mengingat mayoritas penduduk KBB fokus pada mata pencaharian di bidang pertanian maupun peternakan, dirinya berharap ada dukungan program untuk para petani dari beberapa steakholder.

“Sektor pertanian dan sektor-sektor lainnya yang berbasis langsung dengan masyarakat KBB, semua kita akan terus dorong,” kata Aa Umbara.

KBB siap mengembangkan ekonomi kerakyatan di masa AKB. Infografis Bosscha.id

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password