Paling Tahu Kondisi Warga Selama Pandemi Corona, Efektifkan Peran RT/RW di KBB

Bupati Aa Umbara tengah mendata langsung administrasi kependudukan warganya:Dok Istimewa

Bosscha.id– Peran pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) sangat penting pada masa pandemi Covid-19. Pasalnya, RT/RW dapat menjadi kunci dalam memutus mata rantai Covid-19 dan membantu masyarakat terkait pendataan dan melaporkan masyarakat terdampak Covid-19. 

“RT/RW selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dalam situasi sekarang, sumber informasi apapun yang berkaitan dengan dengan Covid-19 dan verifikasi data penyaluran bantuan itu tak terlepas dari peran penting RT/RW,” kata Kepala Bidang Kelembagaan pada Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Bandung Barat, Dewi Andhani kepada Bosscha.id, Jumat (12/6/2020).

Dewi menjelaskan, peran penting RT dan RW sangat dibutuhkan karena bertugas sebagai ujung tombak di tingkat paling bawah. RT/RW, menurutnya, selain mengerti dan mengetahui segala persoalan masyarakat, RT/RW juga bisa mengedukasi warga yang berkaitan dengan segala hal tentang penanganan Covid-19.

“RT/RW berada di pemerintahan paling bawah. Sekarang tugas kami terus membina agar RT/RW semakin berkualitas,” tuturnya.

Infografis Bosscha.id

Berdasarkan data Pemkab Bandung Barat, di KBB terdapat sebanyak 2.320 RW dan 8.748 RT. Adapun menurut Dewi, ke depan dibutuhkan sosok RT/RW di suatu wilayah yang mampu memimpin jalannya pemerintahan di paling bawah dengan baik.

Baca Juga:   Observatorium Bosscha Gelar Pengamatan Hilal

“Karena RT/RW memiliki peran penting, maka masyarakat juga harus selektif mencari RW dan tidak bisa asal tunjuk,” kata Dewi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password