9 Tipe Kecerdasan Manusia, Masuk Tipe yang Manakah Anda?

Ilustrasi Bosscha.id

Bosscha.id – Manusia merupakan pribadi yang unik dan masing-masing dari mereka tentu memiliki tipe kecerdasannya sendiri-sendiri. Namun, masih banyak dari kita yang masih beranggapan bahwa kecerdasan identik dengan kemampuan akademik yang mumpuni. Padahal, jika dilihat lebih luas, ada banyak bidang di luar akademis yang membutuhkan kecerdasan maupun keahlian yang berbeda dari tiap individu.

Makan dari itu kita harus bisa mengenali kecerdasan diri yang dimiliki. Dengan begitu dapat membantu kita menemukan minat yang tepat sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki, atau bagi para pelajar atau mahasiswa membantu menemukan jurusan yang tepat sesuai kompetensi, membantu calon pekerja menemukan pekerjaan terbaik, serta membantu karyawan berprestasi dalam bidang yang dikuasai.

Tokoh pendidikan sekaligus psikolog yang mencetus teori kecerdasan majemuk atau multiple intelligences, Howard Gardner, PhD berpendapat, ada sembilan tipe kecerdasan pada manusia yang sangat mungkin untuk dikuasai bila diasah dengan baik. Menurutnya, kecerdasan tak hanya bisa diukur melalui ukuran nilai akademik. Setiap orang bisa memiliki kecerdasan yang majemuk, yakni kecerdasan intelektual (IQ) maupun kecerdasan emosional (EQ).

Profesor pendidikan di Havard University ini mengembangkan Teori Kecerdasan Ganda. Apa yang menurut ilmuwan lain hanyalah soft skill, menurut Gardner sejatinya adalah jenis kecerdesan mansusia. Apa saja kah 9 tipe kecerdasan menurut Gardner, simak artikelnya berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Kecerdasan Naturalis

Pemilik kecerdasan ini memiliki kepekaan dan penghargaan terhadap alam dan makhluk hidup lain selain manusia. Kadang, mereka hebat dalam memelihara dan menumbuhkan tanaman serta memiliki kemampuan untuk merawat dan berinteraksi dengan hewan. Gemar belajar tentang alam, suka berkemah, mendaki, berjalan dan memanjat. Mereka juga punya sensitivitas terhadap perubahan cuaca.

Kecerdasan Musikal

Jika Anda menyukai musik, menghargai ritme dan komposisi, dan berbakat dengan kemampuan untuk menyusun, menyanyi dan / atau memainkan alat musik, maka Anda termasuk manusia dengan jenis kecerdasan ini. Tanda-tandanya, dapat dilihat dengan mudahnya menghafal lagu, membedakan antara suara yang berbeda, dapat langsung mengetahui kapan nada itu off-key dan hampir selalu ada lagu yang mengalir di kepala.

Kecerdasan Logis-matematis

Jika Anda memiliki kemampuan untuk berpikir konseptual dan abstrak dan memiliki kapasitas untuk membedakan pola-pola logis dan numerik, maka Anda termasuk jenis manusia yang diberikan anugerah kecerdasan ini. Remaja dengan banyak kecerdasan logis tertarik pada pola, kategori, dan hubungan. Mereka tertarik pada masalah aritmatika, permainan strategi dan eksperimen.

Kecerdasan Eksistensial

Orang-orang dengan kecerdasan eksistensial semuanya memiliki pertanyaan mendalam tentang bagaimana keberadaan manusia, dan mereka terus-menerus memikirkan makna hidup, mengapa kita mati, dan bagaimana kita sampai di sini.

Kecerdasan Interpersonal

Individu dengan jenis kecerdasan ini mampu mendeteksi dan merespons (dengan cara yang sesuai) dengan suasana hati, motivasi, dan keinginan orang lain. Jika ini adalah tipe kecerdasan Anda, maka Anda akan menjadi pemimpin di antara rekan-rekan Anda, hebat dalam berkomunikasi. Kecerdasan manusia jenis ini ditandai dengan kemampuan untuk mempertimbangkan berbagai sudut pandang.

Infografis Bosscha.id

Kecerdasan Kinestetik Tubuh

Orang-orang dengan kecerdasan ini biasanya gemar olahraga atau tarian dan tindakan apa pun yang membuat tubuh mereka aktif. Mereka harus aktif, belajar sambil melakukan, terkoordinasi dengan baik dengan keterampilan motorik yang fantastis, memiliki banyak energi fisik, dan menikmati mencari tahu bagaimana segala sesuatu bekerja.

Kecerdasan Linguistik

Orang tipe ini sangat menikmati ketika membaca, menulis dan belajar bahasa. Orang-orang yang diberkati dengan kecerdasan linguistik pandai mengajar dan menjelaskan berbagai hal kepada orang lain, dengan cara yang membuat mereka mudah dimengerti. Mereka akan melihat kesalahan tata bahasa, memiliki kosa kata yang kaya, mampu mengingat kutipan dan ucapan terkenal, cinta permainan kata-kata dan mereka menghargai koleksi bukunya.

Kecerdasan Intrapersonal

Orang dengan kecerdasan intrapersonal biasanya mahir dalam mencari ke dalam dan mencari tahu perasaan, motivasi dan tujuan mereka sendiri. Mereka begitu sadar diri, perfeksionis, mandiri, intuitif, introvert, dan belajar atau bekerja sebaik mungkin saat sedang sendirian.

Kecerdasan Spasial

Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan untuk melihat dan mengenali dunia tertentu secara akurat, dan juga menggambarkan atau mengubah dunia tersebut ke dalam bentuk-bentuk yang diinginkan. Tipe kecerdasan yang satu ini, akan membuat seseorang memiliki kemampuan yang baik dalam menghitung jarak, volume, pola, dan juga berbagai detail lainnya dari sebuah benda.

Semua hal inilah yang kemudian digunakan olehnya untuk menggambarkan atau membuat sesuatu yang berhubungan dengan benda tersebut. Kecerdasan seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh seorang pematung, pelukis, dan yang lainnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password