5 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Usai Lebaran

Ketupat dan opor ayam menjadi menu utama di saat lebaran (shutterstock)

Bosscha.id – Menu-menu makanan khas Hari Raya seperti ketupat, rendang, opor ayam, dan sambal goreng hati kentang memang menggiurkan dan sayang jika dilewatkan. Bahkan, lebaran akan terasa kurang lengkap tanpa hadirnya hidangan-hidangan tersebut.

Menu makanan yang banyak mengandung lemak di atas boleh saja dikonsumsi, asal harus ingat jangan terlalu banyak dan sering. Karena makanan-makanan yang bersantan mengandung lemak tinggi yang bisa menyebabkan kamu diabetes, diare, maag, bahkan hipertensi.

Disamping identik dengan makanan yang mengandung lemak tinggi, Hari Raya pun yang selalu membuat aktivitas kita lebih padat, dan kurang tidur. Hal itu tentu dapat menyebabkan kondisi kesehatan tubuh kita menurun.

Aktivitas yang padat saat hari raya memang rentan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Jika tidak pintar menjaga kesehatan, maka anda akan jatuh sakit. Padahal libur Lebaran adalah momen paling pas untuk dihabiskan dengan keluarga dan orang terdekat.

Maka dari itu demi menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat pasca lebaran, kali ini Bosscha.id akan berbagi tips untuk Anda.

Perbaiki Pola Makan

Pola makan saat lebaran pasti sangat tidak beraturan, karena di mana saja dan kapan saja Anda berkunjung ke rumah saudara atau teman pasti akan dihidangkan dengan makanan yang bermacam-macam yang sudah pasti tingg lemak.

Kondisi ini bisa menyebabkan anda mengalami penumpukan lemak di dalam tubuh dengan signifikan. Maka dari itu setelah lebaran, usahakan kita harus kembali mengatur pola makan. Makan tiga kali sehari dengan porsi yang cukup. Karena beberapa menu yang disajikan saat Lebaran rentan memicu naiknya kolesterol, diabetes dan lainnya.

Cukupi Kebutuhan Air

Walaupun sedang tidak melakukan banyak aktivitas, kebutuhan tubuh akan 2 liter air per hari harus tetap dipenuhi. Memperbaiki pola minum setelah usai puasa dan lebaran juga sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Sedangkan saat lebaran, sebagian besar air yang masuk justru air yang terlalu manis seperti sirup, minuman bersoda atau minuman dengan kadar gula tinggi lainnya.

Hal ini justru dapat mengganggu kesehatan tubuh. Jika anda ingin menerapkan gaya hidup sehat, coba perbaiki pola minum dengan mengkonsumsi minimal 8 gelas atau 2,5 liter air setiap hari. Namun, air yang dikonsumsi harus air putih, bukan air yang memiliki rasa manis. Air putih sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh pasca lebaran.

Baca Juga:   Tips Memilih Sepeda Untuk Goweser Pemula

Hindari Junk Food

Sama dengan rambu-rambu pada makanan yang berlemak dan bersantan, sebaiknya Anda juga menghindari dulu konsumsi junk food. Karena sudah jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh apalagi disaat setelah lebaran. Jika Anda memang memiliki tekad untuk menerapkan pola makan yang sehat maka, itu semua bisa dimulai dengan mengurangi kebiasaan mengonsumsi junk food.

Zat-zat pengawet yang ada pada junk food jika masuk ke dalam tubuh nantinya akan mengganggu metabolisme, apalagi jika jika sering dikonsumsi. Junk food memang memiliki rasa dan tekstur yang sangat menggiurkan namun dampaknya Anda bisa mudah mengalami obesitas dan gangguan pencernaan lainnya.

Konsumsi Makanan Sehat

Pasca lebaran, sebisa mungkin kurangi makanan yang mengandung lemak yang tinggi. Tetap konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Buah dan sayur dapat membantu menghindari gangguan pencernaan dan sebagai penyeimbang hidangan berlemak.

Infografis Bosscha.id

Perhatikan juga makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh, hindari kelebihan gula dan garam dalam tubuh. Karena, banyak makanan manis dapat meningkatkan gula dalam tubuh, sedangkan makanan asin dapat membuat seseorang susah berhenti makan sehingga kalori yang masuk makin banyak, Kalori yang berlebih akan otomatis terpendam di dalam tubuh hingga menumpuk. Kalau sudah begini, metabolisme dan kesehatan tubuh Anda dapat terganggu.

Kembali Rajin Berolahraga

Selepas lebaran adalah waktu yang tepat untuk kembali ke rutinitas olahraga. Karena dengan berolahraga akan membuat kondisi tubuh semakin fit setelah sebulan penuh berpuasa. Namun perlu diingat, untuk dalam beberapa hari pertama setelah lebaran, Anda dianjurkan untuk meghindari olah raga berat. Mulailah olahraga secara perlahan dan bertahap. Pasalnya, jika langsung kembali ke rutinitas olahraga seperti biasa bisa meningkatkan risiko sakit otot.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password