Tips Rayakan Idul Fitri di Rumah Aja Tanpa Harus Mudik

Ilustrasi Bosscha.id

Bosscha.id – Idul Fitri sudah hampir di depan mata. Namun seperti kita ketahui bersama, karena adanya pandemi corona, tahun ini Idul Fitri akan terasa sangat berbeda. Sudah pasti sebagian besar dari kita, untuk pertama kalinya, akan melewatkan Idul Fitri tanpa mudik.

Keriuhan yang biasanya kita temui saat salat ied di Hari Lebaran juga mungkin tak akan kita temukan tahun ini. Sebabnya kita semua tahu, situasi pandemi virus corona di Indonesia yang seakan masih jauh dari akhir. Saat ini kurva penularan virus Corona di Indonesia masih terus bertambah. Bahkan belum ada tanda-tanda kurvanya berubah menjadi landai.

Namun meski ini mungkin pertama kalinya kita semua merayakan Idul Fitri dengan cara berbeda. jangan sampai hari besar umat Muslim ini kehilangan makna. Setidaknya ada hal-hal ini yang bisa tetap kamu lakukan di Hari Lebaran nanti, walau harus diam di rumah aja.

Jalin Silaturahmi Virtual

Tidak bisa mudik Lebaran bukan berarti jalinan silahturahmi terputus. Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini rasanya bukan tidak mungkin kita masih bisa terhubung dengan keluarga yang berada di kampung halaman. Fitur seperti Video call atau teleconference bisa jadi pilihan untuk kita tetap bisa terhubung dengan keluarga. Dengan begitu, kita tetap bisa menjaga silahturahmi pada saat Lebaran di rumah aja. 

Rencanakan Kegiatan Bersama Keluarga di Rumah

Merayakan Lebaran bersama keluarga di rumah saja, selain menikmati santap berbagai makanan khas Idul Fitri bersama, buatlah suasana perayaan Lebaran tanpa mudik tetap terasa meriah dengan merencanakan berbagai kegiatan seru yang bisa kita lakukan bersama-sama.

Beberapa contoh kegiatan seru yang bisa dicoba adalah dengan bermain board game, berolahraga bersama di halaman rumah seperti bermain badminton ataupun sepak bola, hingga mencoba membuat kerajinan tangan bersama, atau kegiatan apapun yang bisa membangun kembali ikatan emosional dengan keluarga.

Masak Makanan Khas Hari Raya Bersama Keluarga

Biasanya bagi Anda yang selalu mudik setiap tahunnya akan mencicipi nikmat masakan khas hari raya di kampung halaman, mulai dari ketupat, hingga opor ayam. Meski tidak mudik, bukan berarti tidak bisa memakan ketupat dan opor ayam. Anda bisa membuatnya bersama keluarga selama di rumah aja. Apalagi di internet sudah banyak resep-resep yang tentunya mudah untuk dipraktikan. Dengan begitu, Anda bisa tetap berlebaran dengan penuh suka cita bersama keluarga di perantauan walau tanpa mudik ke kampung halaman.

Nonton Ala Bioskop di Rumah

Streaming Film saat di rumah aja, merupakan salah satu ide klasik untuk menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga. Karena pusat-pusat keramaian seperti bioskop sudah pasti akan tutup, maka kita bisa membuat ruangan seakan-akan seperti di bioskop. Matikan seluruh lampu, tutup tirai jendela, dan siapkan camilan favorit untuk dinikmati saat nonton film. Enaknya nonton di rumah kita bisa movie marathon sambil ngobrol bersama di ruang keluarga tanpa perlu mengganggu orang lain.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password