PSBB KBB Diperpanjang Hingga 2 Juni, Aa Umbara: KBB Masih Zona Kuning Covid-19

Ilustrasi Bosscha.id-

Bosscha.id– Bupati Bandung Barat Aa Umbara, Sustisna memutuskan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Bandung Barat hingga 2 Juni 2020. Adapun, PSBB tahap tiga ini berlaku mulai besok, Rabu (20/5/2020) yang akan berjalan selama 14 hari kedepan.

“Kita akan melanjutkan PSBB. Alasannya karena hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, kita (KBB) masih ada di zona kuning, meskipun hasil evaluasi gubernur KBB ada di zona biru,” ujar Aa Umbara saat ditemui, Selasa (19/5/2020).

Menurut Aa Umbara, penerapan PSBB tahap pertama dan kedua di KBB cukup berhasil menekan penyebaran COVID-19. Apalagi, berdasarkan hasil evaluasi Pemprov Jabar, KBB masuk kategori zona biru (aman). 

Infografis: Bosscha.id

Sementara untuk PSBB tahap tiga ini, kata Aa Umbara, itu akan difokuskan pada PSBB di tingkat RW yang terdeteksi ada kasus positif COVID-19.

“Lebih dilokalisir di wilayah saja, jadi fokus ke PSBB di tingkat RW yang ada kasus positif. Kemarin ada 13 RW di 8 desa yang ada kasus positif. Saya imbau masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan COVID-19. PSBB parsial berlaku untuk semua, wajib social distancing juga,” tuturnya.

Baca Juga:   Ridwan Kamil Keluarkan Surat Peningkatan Kewaspadaan di Jawa Barat

Lebih lanjut Aa Umbara menerangkan, teknis pemberlakuan PSBB parsial tersebut tak berbeda dengan PSBB tahap 1 dan 2.

“Masyarakat tetap diwajibkan melakukan protokol kesehatan seperti memakai masker, menerapkan physical dan social distancing,” ucapnya.

Selian itu, Aa Umbara juga meminta agar masyarakat mendukung pelaksanaan PSBB parsial agar kondisi sosial dan ekonomi bisa segera kembali pulih.

“Masyarakat jangan berpikir kalau mengatasi pandemi ini menjadi tugas pemerintah, tapi justru tugas utamanya masyarakat,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password