PDAM Tirta Raharja: Kebutuhan Air Bersih Meningkat Selama Covid-19

Dok: Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja

Bosscha.id– Konsumsi air bersih di masyarakat pelanggan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung, mengalami peningkatan signifikan sejak adanya wabah pandemi Covid-19,.

Demkian disampaikan, Manajer Junior Humas dan Kesekretariatan Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung, Sri Hartati, saat dihubungi, Senin (18/5/2020).

“Adanya pandemi Covid-19 sejak Maret, memang ada perubahan prilaku masyarakat dalam mengonsumsi air bersih. Banyak masyarakat yang berdiam di rumah. Otomatis pemakaian air meningkat karena banyak masyarakat yang melakukan cuci tangan,” kata Tati saat dihubungi, Senin (18/5/2020).

Infografis Bosscha.id

Menurut Tati, hal itu juga tak terlepas dari perubahan prilaku masyarakat yaitu dengan menjaga pola hidup sehat dan bersih seperti seringnya melakukan cuci tangan.

Meski demikian menurut Tati, selama Covid-19 ini tak ada kenaikan tarif. Pembayaran tarif sesuai dengan jumlah pemakaian pelanggan.

“Kami tegaskan tidak ada kenaikan tarif bagi pelanggan. Kenaikan tagihan konsumen bukan adanya kenaikan tarif. Namun adanya perubahan prilaku yang menjadikan penggunaan air meningkat,” ujarnya.

Tati juga mengatakan, di tengah Covid-19, Perumda Air Minum Tirta Raharja tetap berupaya untuk melakukan operasi produksi dan melakukan suplai air untuk didistribusikan kepada para pelanggan, sehingga masyarakat dapat menggunakan air yang aman dan sehat karena telah memenuhi standar kualitas sesuai dengan Permenkes Air Minum untuk dikonsumsi bagi pelanggan yang ada di wilayah Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Baca Juga:   Jurus KBB Tarik Wisatawan Pasca Babak Belur Terimbas Corona

“Dalam situasi Covid-19, kami juga erus melakukan inovasi dengan mempermudah layanan pembayaran bagi setiap pelanggan dengan memfasilitasi beberapa cara pembayaran tagihan, seperti melalui e-commerce, transfer transaksi via ATM dan marketplace lainnya.Insya Allah kami juga terus memaksimalkan pelayanan bagi pelanggan,” ungkpanya

Perumda Air Minum Tirta Raharja juga telah mengeluarkan surat edaran sebagai upaya pencegahan virus korona yang semakin meluas. Dengan demikain menurut Tati, pihaknya akan mengikuti aturan pemerintah soal jaga jarak antar manusia (sosial distancing), yang akan diterapkan terhadap aktivitas Baca Meter Air pada bulan April 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Diimbau kepada pelanggan untuk menginformasikan foto water meter (meteran air) serta mencantumkan nomor pelanggan/nomor sambungan pelanggan yang tertera pada rekening bukti pembayaran disertai dengan alamat rumah sebelum tanggal 20 yang dikirimkan ke nomor WA 081-222-899-222, atas nama Hendri Sutrisno. Setiap informasi yang masuk akan kami tindaklanjuti demi kenyamanan pelayanan bagi setiap pelanggan,” ungkapnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password