Sejarah 16 Mei: Lahirnya Krist Novoselic, Pencabik Bass Band Legendaris Nirvana

Krist aktif dalam JAMPAC (Joint Artists and Musicians Political Action Committee) .Dok Istimewa

Bosscha.id – Siapa yang tidak pernah dengar band fenomenal asal Amerika Serikat bernama Nirvana?. Salah satu Single-nya yang berjudul “Smells Like Teen Spirit” jadi lagu wajib masuk playlist bagi para penggemar trio grunge yang satu ini. Lagu yang dirilis pada 1991 ini jadi hit di seluruh dunia dan nempatin urutan ke-9 “500 Greatest Songs of All the Time” menurut Rollingstone.

Krist Anthony Novoselic atau lebih populer dengan nama Krist Novoselic adalah salah satu personil dari grup band legendaris dunia asal Amerika itu. Krist merupakan pemain bass di band yang dimotori oleh mendiang Kurt Cobain ini.

Musisi, aktivis, penulis lagu ini lahir pada 16 Mei 1965 di campton, California. Keluarganya adalah imigran dari Yugoslavia yang pindah ke Amerika, saat masih kecil ia banyak menghabiskan waktunya di Gardena, California.

Sewaktu masih kanak- kanak Krist dan adiknya, Robert boleh di bilang sebagai berandalan cilik yang sering bikin masalah di lingkungan tempat tinggalnya. Misalnya, mereka berulang kali menggembesi ban mobil tetangga dengan paku, atau melempari jendela kaca dan ayam milik tetangganya dengan batu. Krist sendiri mengaku, masa itu lah ia merasa bahawa vandalisme itu sangat indah dan nikmat.

Pada tahun 1979 keluarganya pindah ke Aberdeen, Seattle untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Maklum ayah Krist di California, bekerja sebagai seorang supir Sparkletts, perusahaan yang bergerak di bidang air minum.

Pindah ke Aberdeen, Krist malah mengalami stres dan depresi berat karena pergaulan di lingkungan yang membuatnya merasa tidak pede dan malu, terutama karena postur tubuhnya yang tinggi, yang hampir menjulang 2 meter. Orang-orang Aberdeen menurut Krist dianggap tidak ramah. Akibatnya ia lebih suka mengurung diri di kamar hanya mendengarkan musik.

Melihat anaknya yang semakin menyedihkan dan banyak mengurung diri di kamar, orangtuanya akhirnya memindahkan Krist ke Croatia untuk tinggal bersama saudara- saudaranya. Di sana, kehidupan Krist mulai membaik, dan di sana ia mulai mengenal musik punk, karena kebetulan di sana banyak remaja seusianya yang menggemari musik punk.

Tinggal selama setahun di Croatia, krist pun kembali lagi ke Aberdeen bersama ayah dan ibunya, kali ini ia mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan kota ini yang semula membuatnya strees. Seperti remaja lainnya, ternyata Krist juga orang yang gampang terkena pengaruh lingkungan dalam bergaul. Disini ia mulai mengenal minum-minuman dan hampir setiap hari ia mabuk. Oleh teman- temanya, ia di juluki si pemabuk. Krist sendiri bilang, “sehari tidak minum, saya bisa flu!” katanya.

Setelah lulus SMA tahun 1983 orang tua Krist bercerai. Tentu saja, kejadian itu membuatnya merasa sangat terpukul. Yang bisa menghiburnya kala itu hanya musik dan pacarnya, Shelli, yang mana pernah jadi adik kelasnya saat sekolah.

Dan pada bulan maret 1985 Krist dan Shelli memutuskan untuk tinggal berdua di apertemen yang disewa Shelli, karena mereka tidak mempunyai pekerjaan tetap, akhirnya mereka pindah ke Arizona dan mencari pekerjaan. Merasa tidak berkembang di kota ini, tidak lama kemudian mereka pindah lagi ke Hoquiam. Disinilah, mereka memutuskan jadi vegetarian meskipun kebiasaan chris meminum alkohol belum bisa hilang.

Dan pada tanggal 1 januari 1992, tepat di tahun baru, Krist memutuskan untuk berhenti meminum alcohol untuk selamanya. Ia juga mulai aktif di kegiatan sosial dan mulai bergabung menjadi aktivis politik. Disini, Krist juga ikut berpartisipasi dalam perdanaan konser amal “Bosnian Rape Benefit Concert” yang diadakan pada tanggal 9 april 1993 di Cow, Palace, San Francisco.

Pada tahun 1988, ketika nama Nirvana mulai banyak di kenal, Krist mulai sibuk mengurusi manajemen dan jadwal panggung Nirvana. Di tubuh Nirvana, hanya Krist yang memiliki naluri bisnis dan ide- ide cemerlang dalam perjalanan kesuksesaan Nirvana.

Dengan seabrek kesibukanya itu, Krist jarang sekali bertemu Shelli, dan megakibatkan mereka harus berpisah. Tapi, karena sudah merasa saing cocok, hubungan mereka pun kembali membaik, hingga akhinya mereka melangsungkan pernikahan pada tanggal 30 Desember 1989 di apertemen mereka di Washington, sehari setalah Krist pulang dari tour keliling Eropa.

Di acara pernikahaan mereka ini, pesta mabuk bareng para tamu juga digelar. Akhirnya setelah mereka menikah, Krist dan Shelli memutuskan untuk tinggal di Seattle supaya mereka tetap bisa dekat dengan personil Nirvana lainnya.

Setelah Nirvana bubar karena vokalisnya, Kurt Cobain bunuh diri, Krist tetap aktif di dunia musik dengan membentuk band bernama Sweet 75, Eyes Adrift, dan terakhir dengan Flipper. Namun, tak hanya aktif di dunia musik, Krist pun dikathui terjun dalam bidang politik dan aktivisme, ia aktif dalam JAMPAC (Joint Artists and Musicians Political Action Committee).

Selain itu ia aktif menulis, Krist juga tercatat pernah menulis buku yang berjudul Of Grunge and Government: Let’s Fix This Broken Democracy pada tahun 2004. Krist pun tercatat pernah menulis kolom, di rubrik musik dan politik di situs Seattle Weekly. Bersama Nirvana, Krist Novoselic merupakan bagian penting dari revolusi musik dunia. Bersama band-nya itu ia berhasil membawa musik rock alternatif bisa masuk ke arus utama. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password