Akurasi Data Diperlukan, Bupati Aa Umbara: Pembagian Sembako Harus Adil dan Merata

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Bosscha.id-Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna memastikan penyaluran bantuan sembako terhadap masyarakat terdampak covid-19 di Kabupaten Bandung Barat harus adil dan merata. Sebab, pemberian bantuan sembako ini sebagai wujud untuk meringankan beban masyarakat terlebih di tengah lesunya ekonomi akibat virus corona.

“Data sampai sekarang belum beres. Tapi yang pasti, masyarakat harus betul-betul terdata sesuai dengan kriteria. Sebelum lebaran data harus sudah masuk karena masyarakat menunggu juga,” katanya seusai rapat evaluasi antara Panitia Kerja (Panja) DPRD KBB dengan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19, Jum’at (8/5/2020) di ruang rapat Sekda KBB-Ngamprah.

Menurut Aa Umbara, apabila data tidak akurat dikhawatirkan akan mengakibatkan bantuan sembako yang disalurkan salah sasaran. Padahal kata dia, di sisi lain, ada warga yang seharusnya menjadi prioritas mendapat bantuan.

“Ini pentingnya, melakukan validasi dan verifikasi terhadap masyarakat yang berhak menerima bantuan, jangan sampai masyarakat yang benar-benar membutuhkan, justru itu tidak mendapatkannya.” katanya.

Adapun Aa Umbara memastikan, terkait penyaluran paket sembako di KBB, Pemkab Bandung Barat akan mengganti daging ayam beku dan sayuran. Hasil evaluasi bersama Panja disepakati daging ayam beku dan sayur-sayuran akan diganti dengan bahan makanan lainnya yang bisa bertahan lama.

Baca Juga:   Sebulan Lengser, Trump Berniat Kembali Maju Pilpres 2024

“Masalah bahan pokok akan diganti dengan bahan yang simple,” ujar Aa Umbara yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 ini. 

Aa Umbara menambahkan, bahwa KBB harus berhasil dalam menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 2.

“Panja meminta unruk memperketat chek point seperti di pasar modern dan tradisional, lalu di tempat-tempat pembelian tajil.Kita harus berhasil di PSBB yang ke 2 ini,” tegasnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password