PHRI KBB: Sektor Pariwisata KBB Rugi Puluhan Miliar Akibat Corona

Dok: Floating Market Lembang

Bosscha.id-Sektor pariwisata Kabupaten Bandung Barat ditaksir mengalami kerugian hingga Rp20-30 miliar akibat wabah Covid-19. Hal ini disampaikan Ketua Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI) Kabupaten Bandung Barat, Samuel Setiadi, saat dihubungi Bosscha.id ,Rabu (6/5/2020).

“Kalau 1 hotel yang sudah masuk kategori bintang, itu kerugian bisa mencapai beberapa ratusan juta. Jika lihat jumlah hotel, resto dan tempat wisata di KBB kerugian bisa mencapai angka Rp20-30 miliar,” terang Samuel.

Diakui Samuel, dampak virus corona telah membuat sektor pariwisata terpukul. Bahkan, banyak para pengusaha mengaku mengalami kerugian cukup besar dan memilih menutup tempat usahanya.

“Untuk operasional saja sudah tidak untung, jadi banyak hotel memilih tutup. Saya sendiri bulan April pemasukan nihil karena tutup 2 setengah minggu. Dan sempat beberapa hari buka, namun itu tidak ada tamu sama sekali,” keluh Samuel.

Berdasarkan catatan PHRI KBB pada awal tahun, jumlah hotel dan resto di KBB tercatat ada 301 perusahaan. Adapun perusahaan yang terdaftar sebagai anggota PHRI KBB sebanyak 32 perusahaan. 

Menurut Samuel, akibat Covid-19 wisatawan dan masyarakat enggan melakukan perjalanan ke tempat wisata.

Baca Juga:   Mantap! Fly Over Padalarang Resmi Dibangun untuk Atasi Kemacetan

“Semua terdampak. Tamu yang dijadwalkan masuk pertengahan Maret sampai lebaran akhir Mei hampir semua cancel. Dari puluhan reservasi hanya beberapa yang masih aktif,” katanya.

Kepala Bidang Kepariwisataan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, David Oot sebelumya mengatakan, ribuan karyawan tersebut merupakan pekerja di perhotelan, restoran, pekerja seni, pekerja ekonomi kreatif dan kelompok sadar wisata terpaksa dirumahkan akibat corona.

“Semua pekerja pariwisata ini, sudah kami data secara lengkap. Berdasarakan data kami, total semua sudah ada 2.448 orang dirumahkan,” ujar David.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password