Alasan Aa Umbara Fokus Mewujudkan Pemerataan Pembangunan di KBB Selatan

Ilustrasi Bosscha.id

Bosscha.id– Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna memastikan pemerataan pembangunan di wilayah selatan Kabupaten Bandung Barat terus mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah daerah.

“Kita ingin memacu pembangunan di wilayah selatan. Dengan segala potensinya, saya sangat yakin dengan memberi perhatian kepada selatan sama dengan memberi kehidupan pada Bandung Barat,” kata Aa Umbara, Rabu (6/5/2020).

Menurut Aa Umbara, mulai awal masa pemerintahannya, dirinya terus mengebut pembangunan infrastruktur, khususnya di wilayah selatan. Bahkan, semua aparatur di pemerintahannya selalu ditekankan pentingnya infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan sosial di wilayah tersebut.

“Saat hendak maju menjadi Kepala Daerah, saya memulai langkah dengan memohon do’a dan restu para tokoh di selatan. Semakin saya sering berkunjung ke wilayah selatan, semakin besar pula rasa cinta yang harus saya balas dengan perhatian kepada masyarakat di wilayah selatan,” ungkapnya.

Bosscha.id

Tanpa bermaksud mengucilkan wilayah lain, namun kata Aa Umbara, apabila dikomparasi beberapa tahun ke belakang daerah selatan seperti Rongga, Cipongkor, Gununghalu, dan Sindangkerta relatif jarang disentuh oleh pemerintah.

Adapun menurutnya, setiap pembangunan yang dilakukan harus KBB sentris yang dapat dinikmati oleh seluruh warga, termasuk di wilayah selatan.

“Kita tidak ingin, pembangunan fisik maupun non fisik yang terlalu Padalarang sentris dan Lembang sentris. Pada akhirnya akan menjadi bom waktu bila potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di wilayah selatan tidak dimaksimalkan,” katanya.

Dengan demkian, Aa Umbara mengatakan, pemerataan pembangunan baik fisik maupun nonfisik serta keadilan merupakan salah satu yang terus diperhatikan oleh pemerintah.

Baca Juga:   Survei: Banyak Orang Anggap COVID-19 Konspirasi dan Rekayasa

“Beberapa program fisik maupun non fisik sudah saya siapkan untuk wilayah selatan, namun harus bersabar dulu karena situasi yang tidak memungkinkan,” ujarnya.

Potensi Selatan

Sementara itu, lanjut Aa Umbara, beragam potensi sumber daya alam di KBB bagian selatan juga memiliki peluang besar untuk terus dimanfaatkan dengan tujuan pemerataan pembangunan dan kesejahtraan masyarakat.

“Geliat ekonomi di selatan justru memiliki keunggulan tersendiri, potensi alam yang indah dan diimbangi dengan potensi pertanian yang melimpah sudah cukup meyakinkan saya untuk memberikan perhatian lebih kepada wilayah selatan di masa kepemimpinan saya, tentunya tanpa mengucilkan wilayah lain yang juga akan terus saya perhatikan,” terangnya.

Aa Umbara menambahkan, selama masa pandemi covid-19 pihaknya tetap berupaya mendistribusikan bantuan ke daerah-daerah terpencil di wilayah selatan. Bantuan tersebut berupa sembako dan kebutuhan masyarakat lainnya.

“Di masa pandemi seperti sekarang saya mendapat laporan dari camat, kepala desa, dan juga masyarakat di wilayah selatan terkait kondisi masyarakat disana. Maka dari itu, beragam bantuan dari perusahaan dan juga dana pribadi saya kerahkan untuk memberi sedikit bantuan kepada mereka yang tidak tersentuh oleh bantuan resmi pemerintah, “ ungkapnya.

Infografis: Bosscha.id

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password