Bupati Aa Umbara: Penerapan PSBB di KBB Belum Efektif

Ilsutrasi Bosscha.id

Bosscha.id– Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menyebut, pelaksanaan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Bandung Barat masih belum efektif, menekan penyebaran virus corona (covid-19).

“Menurut saya penerapan PSBB tahap pertama ini belum maksimal, karena tren-nya masih meningkat. Berbeda apabila tren-nya menurun itu baru berhasil,” kata Aa Umbara, seusai menghadiri rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), di Ruang Sekretariat Daerah KBB, Selasa (5/5/2020).

Aa Umbara mengatakan, masih belum efektifnya penerapan PSBB disebabkan berbagai macam faktor, salah satunya mengenai intensitas pergerakan orang di KBB yang masih tinggi. Selama PSBB banyak ditemukan warga berkerumun di beberapa pusat yang biasa menjadi titik keramaian.

“Penyebab kerawanan utama tidak berhasilnya PSBB yakni pasar. Selain itu, banyaknya kerumunan masyarakat menjelang berbuka puasa, itu juga menjadi faktor PSBB masih belum efektif. Oleh karena itu, selama dua minggu ke depan PSBB ini harus lebih ketat lagi,” tegasnya.

Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), terkait hasil evaluasi PSBB, di Ruang Sekretariat Daerah KBB, Selasa (5/5/2020).

Seperti diketahui, Provinsi Jawa Barat akan menerapkan (PSBB) yang berlaku bagi semua kabupaten/kota mulai Rabu (6/5/2020) besok. PSBB berlangsung untuk masa terpanjang inkubasi virus corona yaitu 14 hari atau hingga 19 Mei mendatang.

Baca Juga:   Begini Penjelasan RSD Wisma Atlet Soal Viral ada Kegiatan Dangdutan

Adapun Aa Umbara berharap, kebijakan perpanjangan aturan tersebut membutuhkan komitmen dari seluruh pihak. Termasuk masyarakat di KBB yang harus mengikuti seluruh protokol pengaturan yang telah ditetapkan.

“Masyarakat masih banyak yang belum memahanai PSBB. Chek point misalnya, itu juga masih belum maskimal. Saya minta, juru bicara gugus tugas, setiap hari harus memberikan perkembangan informasi update ke masyarakat,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password