Tiga Jabatan Kadis di KBB Dilelang, Berminat?

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna dan Wakil Bupati Hengki Kurniawan/ Ilustrasi Bosscha.id

Bosscha.id– Tiga jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) atau kepala dinas dilelang secara terbuka oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Barat. Tiga kursi jabatan kosong itu yakni Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

“Seleksi terbuka bagi 3 jabatan pimpinan tinggi pratama resmi dibuka pada 22 April hingga 6 Mei mendatang. Untuk mengetahui syarat dan ketentuan, bisa dilihat di bkpsdm.bandungbaratkab.go.id serta bandungbaratkab.go.id,” kata Kepala BKPSDM KBB, Asep Ilyas melalui Kabid Pengembangan Karir, Agnes Virganty, Senin (27/4/2020).

Agnes mengatakan, pengisian 3 jabatan tersebut, itu dilakukan tidak terlepas untuk semangat optimalisasi pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. 

“Kegiatan seleksi terbuka ini atas inisiasi Pak Bupati dimana kekosongan pucuk pimpinan harus segera terisi agar optimalisasi kinerja di dinas lebih maksimal,” ujar Agnes.

Adapun menurutnya, setelah pendaftaran dan penerimaan berkas, selanjutnya akan ada tahapan seleksi yang harus diikuti oleh para peserta. Misalnya, tahapan seperti administrasi dan rekam jejak, assessment kompetensi bidang hingga pengumuman hasil seleksi.

Infografis Bosscha.id

Setelah itu, lanjut Agnes, akan dilakukan proses wawancara yang diketuai oleh timsel (tim seleksi) yakni Sekda Bandung Barat Asep Sodikin beserta dengan timsel dari perguruan tinggi.

“Setiap hasil tahapan akan kita umumkan melalui sistem online (website) sekaligus juga kita laporkan ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara,” ungkapnya.

Baca Juga:   Mobil Gunner Spray PMI KBB "Tembak" Corona di Jalan Protokol KBB

Agnes menyebutkan, untuk persyaratan yang bisa diikuti oleh para peserta dalam seleksi terbuka ini mulai dari eselon 3A. Selanjutnya eselon 3B dengan catatan 3 tahun menjabat. Terakhir peserta yang memiliki jabatan fungsional (jafung) bisa mendaftar asalkan sudah 2 tahun menjabat ahli madya.

“Persyaratan juga sudah kami sampaikan bagi peserta yang akan mengikuti seleksi terbuka ini di website resmi BKPSDM. Kita optimistis di tengah Covid-19, seleksi ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Meski demikian, menurut Agnes, untuk teknis pelantikan nanti akan sedikit berbeda. Pertama, untuk jabatan Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Pertanian akan serempak dilaksanakan pada bulan Juni. Sementara, untuk jabatan Kepala Dishub akan digelar pelantikan pada awal September.

“Kalau Disdik dan Dinas Pertanian sekarang kosong jabatan. Sementara, untuk Kadishub masih terisi namun akan pensiun di Agustus, jadi pelantikan waktunya akan berbeda,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password