Sejak Pandemi Covid-19, Kualitas Udara di Bandung Barat Membaik?

Bosscha.id– Kualitas udara di Kabuapten Bandung Barat menjadi lebih baik sejak diberlakukannya Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB) selama pandemi Covid-19. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat, Apung Hadiat Purwoko, mengatakan, adanya pembatasan aktivitas kendaraan dan imbauan pemerintah agar warga tetap berada di rumah membuat kondisi udara di KBB kini semakin membaik.

“Di Bandung Barat aktivitas kendaraan 60 persen berkurang. Secara otomatis ada peningkatan kualitas udara yang lebih baik,” kata Apung saat dihubungi, Bosscha.id, Senin (27/4/2020).

Infografis Bosscha.id

Meskipun di Bandung Barat belum menggunakan alat indikator polusi udara yang terpasang di sejumlah titik ruas jalan, namun Apung meyakini bahwa adanya pembatasan bagi kendaraan, itu cukup mempengaruhi kualitas udara di Bandung Barat. Apalagi, di Bandung Barat mobilitas kendaraan khsususnya roda besar cukup tinggi.

“Hasil uji lab memang belum ada. Namun, jika melihat kondisi lalu lintas, seperti di kawasan wisata Lembang dan industri Batujajar, Cimareme dan Padalarang volume kendaraan kini semakin berkurang,” katanya.

Baca Juga:   Presiden Minta Polri, Kejaksaan, KPK, Lembaga Pengawas Perkuat Sinergi

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat sebelumya telah menetapkan sebanyak 17 titik pemeriksaan (check point) kendaraan selama berlakunya PSBB. Dari jumlah itu, ada 3 titik check point yang skala besar selama PSBB diterapkan yakni mulai dari Lembang, Padalarang dan Cipatat.

“Termasuk di Cipatat, sekarang aktivitas penambangan batu juga berhenti,” ucap Apung.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password