Soal Bantuan Paket Sembako Beras dan Ayam Busuk, Ini Penjelasan Dinsos KBB

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Bosscha.id-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bandung Barat telah menindaklanjuti laporan adanya bantuan paket sembako dari Pemkab Bandung Barat yang diterima oleh warga Desa Citapen, Kecamatan Cihampelas, KBB dalam kondisi tidak layak konsumsi. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat, Heri Partomo menyatakan, pihaknya langsung bertindak cepat setelah menerima informasi tersbeut. Selain itu, pihaknya juga sudah meminta keterangan kepada pihak penyedia bahan sembako terkait masalah ini. 

“Setelah mendapatkan laporan kami langsung tindaklanjuti, petugas kami juga langsung chek ke lapangan. Selain itu, kami juga sudah minta laporan kepada pihak penyedia barang terkait masalah distribusi sembako ini,” kata Heri, saat dihubungi Bosscha.id, Jumat (24/4/2020).

Heri memastikan, bahwa selama ini sembako yang didistribusikan ke masyarakat secara kualitas dan kwantitas itu tidak ada masalah. Hanya saja, ia menduga ada keterlambatan distribusi sembako sehingga ditemukan kerusakan pada bantuan sembako tersebut.

“Sebetulnya distribusi dari penyedia barang semua fresh termasuk untuk bantuan seperti daging itupun diberikan dalam keadaan beku. Mungkin, karena distribusi ke keluarga penerima manfaat (KPM) ada keterlambatan, sehingga sembako ada yang tidak layak konsumsi. Tapi, kalau hari itu juga didistribusikan langsung ke KPM Insyaallah itu layak,” papar Heri.

Baca Juga:   Siapa Takut, Bupati Dadang Naser: Saya Siap Divaksin Besok

Adapun Heri mengatakan jika ditemukan kerusakan atau secara kwalitas sembako tidak baik untuk tidak menerima dan segera minta pergantian.

“Jika memang ada kualitas sembako yang tidak layak konsumsi, itu silakan saja sampaikan ke dinsos, dan kita akan langsung ganti,” kata Heri.

Heri menambahkan, saat ini sembako baru didistribusikan sebagaian ke masyarakat. Adapun saat ini pihaknya akan mengevaluasi hasil pendistribusian sembako yang sudah diterima oleh masyarakat.

“Mungkin saja, tahap berikutnya akan disesuaikan beberapa pergantian sembako, nanti kita akan coba evaluasi dulu,” katanya.

Sebelumnya, warga Desa Citapen, Kecamatan Cihampelas, KBB, mengeluhkan paket sembako yang diterima dari Pemkab Bandung Barat lantara adanya berupa ayam potong yang diterima dalam kondisi busuk. Warga komplain karena, bantuan sembako tersebut tidak layak dikonsumsi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password