Infografis Kisah TKI Asal KBB: Sunara Ingin Pulang dan Respon Kilat Bupati Aa Umbara

Bosscha.id– Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mendatangi rumah Sunara (36) Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang terjebak di negeri Jiran Malaysia KBB lantaran paspor miliknya disita majikan dan harus ditebus senilai Rp20 juta.

Demi membantu warganya itu, Bupati juga rela mengeluarkan uang pribadi.

“Tentunya, kalau bisa dipulangkan saya siapkan uang pribadi saya. Namun kondisi sekarang jelas belum memungkinkan,” ungkap Bupati saat mengunjungi rumah Sunara, di Kampung Cihaliwung Wetan, Desa Sukatani, Kecamatan, Ngamprah, KBB, Jumat(10/4/2020) 

Bupati mengaku, selain prihatin lantaran Sunara tak bisa pulang ke KBB, ia juga mengaku sangat prihatin dengan kondisi keluarganya yang sampai harus mengemis.

“Walaupun dalam kondisi seperti ini, tentu saja harapannya bisa segera pulang. Yang pasti, jangan sampai ada informasi bahwa, untuk makan sampai mengemis-ngemis. Ini tidak boleh terjadi menimpa warga masyarakat KBB,” tutur Bupati.

Termasuk dalam kesempatan tersebut, Bupati bersama aparatur pemerintahan desa dan kecamatan memberikan bantuan sembako untuk memenuhi kebutuhan selama dua bulan.

“Ini cukup untuk satu atau dua bulan, intinya jangan sampai mengemis lagi. Bapak tidak ingin masyarakat KBB ada yang mengemis lagi. Dan untuk kondisi pak Sunara sekarang alhamdulilah sehat, aman dan nyaman ada di sebuah hotel. Disnaker, pak camat sudah berkoordinasi. Dan apabila sudah bisa dipulangkan akan kita pulangkan,” kata Bupati.

Baca Juga:   Observatorium Bosscha Gelar Pengamatan Hilal

Seperti diketahui, Sunara meminta Pemkab Bandung Barat dapat membantunya pulang ke Indonesia. Sebab, untukk bisa membawa paspor, ia harus mengeluarkan uang sebesar Rp20 juta.

Tolong pak Bupati, bebaskan saya. Saya ingin pulang ke Indonesia tapi tidak bisa pulang, tidak punya uang. Paspor ditahan harus ditebus Rp20 juta,” ujar Sunara dengan nada memelas seperti terlihat dalam video.

Selama berada di Malaysia, bahkan Sunara juga tampak mengkhawatirkan nasib keluarganya di Indonesia. 

Istri juga tidak tahu makan apa enggak, soalnya tidak dikirim (uang) sama saya. Boro-boro untuk ngirim untuk saya sendiri aja enggak ada,” kata Sunara.

Infografis: Bosscha.id

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password