Gelombang PHK Kian Mengancam, 62 Ribu Warga KBB Diusulkan Terima Kartu Pra Kerja

Ilustrasi: Bosscha.id

Bosscha.id– Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, mengusulkan 62 ribu warga untuk menerima Kartu Pra Kerja 2020 dari Pemerintah Pusat. Ribuan warga yang diusulkan itu merupakan para pekerja atau karyawan swasta yang terdampak wabah virus corona.

“Dari 62 ribu orang yang diusulkan, 5 ribu orang diantaranya akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) perusahaan sementara selebihnya adalah pekerja formal dan informal serta UMKM,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB, Iing Solihin saat dihubungi melalui telepon seluler, Jumat (10/4/2020).

Iing menjelaskan, jumlah yang diusulkan tersebut merupakan data verifikasi yang terkumpul di lapangan selama sepekan.

“Untuk mengumpulkan data itu, kami juga melibatkan Dinas Pertanian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Camat, Kades dan aparatur setingkat RW. Adapun, dari dinas pertanian saja ada 26 ribu pekerja yang terkena dampak akibat virus corona ini,” ujar Iing. 

Sementara, mereka yang mendapatkan Kartu Pra Kerja, lanjut IIng, nantinya akan diberikan uang insentif sekaligus program latihan kerja sesuai dengan bidangnya.

“Mereka nantinya dapat bantuan tunai dan mereka dapat kompetensi yaitu pelatihan pelatihan sesuai keinginan mereka masing masing.Untuk data yang telah diserahkan ke pemerintah pusat, saat ini sedang dalam tahap verifikasi,” kata Iing.

Baca Juga:   Aa Umbara: Ekonomi Rakyat KBB Harus Segera Pulih Saat New Normal

Lebih lanjut Iing menambahkan, Disnakertrans KBB sejauh ini telah menerima laporan dari 12 perusahaan yang terdampak akibat adanya Covid-19. Pihaknya saat ini masih membuka pendaftaran bagi warga yang berhak mendapat Kartu Pra Kerja. 

“Kemungkinan usulan kartu pra kerja ini akan bertambah seiring dengan wabah covid yang masih berlangsung dan kami masih membuka pendaftaran bagi warga yang berhak mendapatkan kartu pra kerja ini,” terangnya. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password