Sejarah 8 April: Jasad Kurt Cobain Ditemukan Tergeletak Tak Bernyawa di Rumahnya

Mayat Kurt ditemukan bersama lembaran surat yang ditulisnya sebelum bunuh diri (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Hari ini 26 tahun yang lalu, atau pada 8 April 1994, vocalis sekaligus Frontman dari band legendaris asal Amerika, Nirvana ditemukan tewas tergeletak di lantai rumahnya, oleh pegawai Veca Electric bernama Gary Smith.

Setelah dilakukan otopsi, polisi kemudian memperkirakan Kurt Cobain tewas pada 5 April 1994. atau tiga hari sebelum jasadnya ditemukan. Indikasi bunuh diri begitu terlihat karena mayat ditemukan beserta dengan senjata api yang berada di dekatnya.

Hal itulah yang memberikan dugaan kuat bahwa Cobain melakukan bunuh diri. Belum lagi penggunaan kokain yang berlebihan. Membuat Cobain kemudian depresi dan sangat wajar kalau kemudian ia melakukan bunuh diri.

Namun, dibalik itu semua banyak penggemarnya yang tidak percaya kalau Kurt Cobain melakukan bunuh diri. Mengingat, Cobain bersama dengan Nirvana sedang berada di puncak karir dalam bermusik.

Bahkan ada beberapa penggemarnya yang yakin kalau Cobain meninggal karena ada pembunuhan di dalamnya. Meskipun hal tersebut secara langsung tidak diusut oleh pihak kepolisian. Namun santer beredar rumor jika Kurt Cobain mati dibunuh, yang konon didalangi oleh istrinya sendiri, Courtney Love.

Dalam beberapa informasi ditemukan berbagai hal yang ganjil dan tidak wajar mengenai kematian sang Super Star. Dimulai dari surat yang tergeletak di dekat jasad dari Cobain. Banyak orang yang menganggap bahwa surat itu merupakan sebuah wasiat yang dituliskan untuk Courtney Love, istrinya.

Akan tetapi, ada dugaan bahwa beberapa baris yang terdapat dalam surat tersebut tak sesuai dengan tulisan dari Cobain. Apalagi ketika itu sedang terjadi sebuah masalah. Di mana Cobain harus membahas perceraian yang akan dilakukan terhadap istrinya.

Yang kedua, ada dugaan bahwa istrinya menyuruh seseorang agar membunuh Cobain. Hal tersebut didasari oleh hubungannya dengan Courtney yang sedang dalam keadaan buruk. Eldon Hoke pernah mengaku bahwa dirinya ditawari sejumlah uang agar membunuh Cobain. Setelah pernyataan tersebut Eldon Hoke mati tertabrak kereta.

Ketiga, Courtney dan pengasuh berkeinginan untuk membunuh Cobain. Ini diungkap oleh detektif swasta. Ketidakjelasan kematian Cobain mengindikasikan adanya konspirasi dibalik kematiannya ini. Begitu juga dengan surat yang ditulis Cobain dianggap sebagai sebuah tipuan untuk menghilangkan jejak.

Dan yang terakhir, dalam identifikasi memang ditemukan indikasi bahwa Kurt Cobain telah mengkonsumsi heroin dalam dosis yang begitu tinggi. Hal ini semua ternyata dilakukan dengan sengaja. Kemungkinan ada yang menyuntikan heroin ke tubuh Cobain sebelum kemudian menembaknya dengan menggunakan shotgun. Kendati hal tersebut sangat ditolak oleh para ahli forensic. Karena tidak akan mungkin bisa menyuntikan dosis tinggi kemudian menembaknya.

Baca Juga:   Sejarah 2 Juni: Lahirnya Sang Bapak Republik, Tan Malaka

Cobain sendiri menikahi Courtney pada 24 Februari 1992 di Hawaii, dan pada bulan Agustus di tahun yang sama putrinya Frances Bean Cobain lahir. Dari situ kehidupan Cobain nampak normal-normal saja, malah tak jarang Ia sering tertangkap kamera sedang bersama istri dan putri kecilnya.

Dan pada tanggal 1 Maret 1994 Nirvana konser di Munchen, Jerman. Dan tak ada yang menyangka jika itu adalah konser terakhir Kurt dengan Nirvana.

Dan keesokan harinya, Kurt diterbangkan ke Roma guna menjalani pengobatan di sana. Karena dia didiagnosa menderita penyakit bronkitis dan laringitis parah. Lalu tak lama, pada keeseokan harinya Courtney menyusul Kurt ke Roma.

Dan pada pagi tanggal 4 Maret, Courtney bangun dari tidurnya kemudian menemukan keadaan suaminya yang sedang overdosis. Kurt pun lalu dilarikan ke rumah sakit, beruntunglah kala itu nyawanya masih bisa selamat.

Setelah dirasa pulih, pada tanggal 30 maret Kurt pun dimasukan ke pusat rehabilitasi. Namun ternyata Kurt nampaknya tak betah berada lama-lama di sana. Dan pada malam tanggal 1 April, Kurt melarikan diri dari pusat rahabilitasi dengan memenajat pagar. Setelah itu, Kurt dinyatakan menghilang.

Lalu sang istri Courtney Love pun menyewa seorang penyidik swasta bernama Tom Grant, untuk menemukan keberadaan sang suami. Namun pencarian itu pun tak membuahkan hasil. Dan pada tanggal 8 April Kurt ditemukan, namun dengan keadaan tak bernyawa.

Kurt tewas dalam usia 27 tahun. Yang kemudian menjadikannya masuk dalam daftar Club 27. Club 27 adalah sebutan untuk para musisi dunia yang meninggal pada usia 27 tahun disaat karirnya sedang berada di puncak.  Seperti Robert Johnson, Jimi Hendrix, Janis Joplin, Jim Morison, dan masih banyak lagi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password