COVID-19 Masih Mewabah, ASN KBB Dilarang Mudik

Ilustrasi @Bosscha.id

Bosscha.id– Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bandung Barat diminta untuk menaati imbauan tidak mudik dan melakukan perjalanan jarak jauh selama masa tanggap darurat virus corona atau Covid-19. Hal itu bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus corona.

“Untuk mengurangi resiko covid-19, ASN sebaiknya tidak melakukan atau menunda mudik dulu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat, Asep Sodikin, Rabu (8/4/2020).

Asep mengakan, apabila ASN memaksakan mudik dikhwatirkan akan berpotensi menambah penyebaran virus corona. Apalagi, sampai saat ini pandemi corona masih belum berakhir.

“Belum lama ini, saya juga mendapatkan infromasi ada ASN yang melakukan perjalanan ke daerah yang kasus Covid-nya itu lebih tinggi dari KBB. Karena khawatir dan tak mau ambil resiko, ASN tersebut langsung kita statuskan sebagai orang dalam pemantauan (ODP),” terangnya.

Bosscha.id

Seperti diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo telah mengeluarkan surat edaran larangan ASN bepergian ke luar daerah ataupun mudik.

Larangan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menpan-RB Nomor 41 tahun 2020 tentang perubahan atas SE Menpan-RB Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik Bagi Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Baca Juga:   Krisis Regenerasi, Pemkab Bandung Barat Ajak Kaum Muda Jadi Petani Milenial

“Apapun imbauan dari Menpan-RB dan juga Badan Kepegawaian Nasional (BKN), itu yang menjadikan acuan kita di pemerintahan daerah,” kata Asep.

Lebih lanjut Asep menambahkan, dengan masih tanggap darurat virus corona saat ini, selain pihaknya rutin meminta evaluasi pelaporan hasil kinerja ASN selama menjalankan work from home atau bekerja di rumah, ia juga minta agar para ASN di lingkungan Pemkab Bandung Barat melaporkan kesehatannya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password