5 Aplikasi Video Conference yang Bisa Membantu Komunikasi Saat Work From Home

Aplikasi video conference memungkinkan pertemuan beberapa orang dalam satu platform (Bosscha.id)

Bosscha.id –  Dalam situasi wabah virus corona, sebagian perusahaan tampaknya mulai memberlakukan kerja dari rumah atau work from home. Namun, dengan bekerja dari rumah, komunikasi dengan rekan kerja tetap harus berjalan. Lantas bagaimana jika kita harus melakukan meeting dengan rekan kerja, sedangkan kita harus melakukan social distancing.

Bila pesan teks dirasa kurang efektif, maka video call / video conference mungkin bisa menjadi solusi untuk bisa berkomunikasi secara audio dan visual. Maka berikut ini bosscha.id akan berbagai informasi tentang beberapa aplikasi yang mendukung layanan video call / video conference.

Zoom

Aplikasi ini paling umum digunakan untuk panggilan video yang melibatkan banyak orang, meskipun dapat juga digunakan untuk panggilan interpersonal. Dilansir dari blog.zoom.us, aplikasi Zoom dapat menghasilkan visual berdefinisi tinggi, walau Anda hanya memiliki koneksi internet dengan bandwith rendah.

Dengan Zoom, Anda bisa membagikan tampilan layar komputer kepada peserta rapat lainnya (screen sharing). Fitur tersebut sangat berguna untuk seminar atau kuliah jarak jauh yang memerlukan presentasi, video, buku, teks, dalam penyampaian materi. Dengan daya tampung pertemuan sampai 1000 peserta, aplikasi Zoom dapat diperoleh secara gratis bagi semua perangkat. Namun, pada Zoom versi gratis, pertemuan dibatasi maksimal 40 menit. Pertemuan harus dimulai dari awal lagi saat waktunya telah habis. Jika Anda ingin melakukan video conference dengan durasi tanpa batas. Anda bisa beralih ke layanan berbayar.

Skype for Business

Siapa yang tidak kenal dengan Skype? Aplikasi ini paling populer untuk melakukan panggilan video dan audio jarak jauh antara dua atau lebih pengguna. Salah satu versi Skype, yakni Skype Business dirancang untuk melakukan komunikasi visual dalam kegiatan bisnis perusahaan.

Dilansir dari support.skype.com, Skype digunakan untuk forum kecil dengan peserta di bawah 25 orang atau kurang. Sedangkan Skype for Business dirancang untuk pertemuan perusahaan yang lebih besar dengan kapasitas sampai 250 orang. Baik Skype atau pun Skype Business, keduanya memiliki fitur dasar serupa, seperti pesan singkat, screen sharing, percakapan pribadi, dan subtitle otomatis yang membaca ucapan. Selain itu juga tersedia fitur lainnya, seperti membagikan lokasi, dan pengiriman file multimedia atau dokumen.

Whatsapp

Siapa tak kenal aplikasi satu ini. Whatsapp kini menjadi aplikasi andalan banyak orang untuk bertukar pesan. Tak hanya tulisan, Anda pun dapat bertatap wajah dengan orang-orang terdekat. Mudah digunakan di baik handphone Android, iOS, atau pada komputer atau laptop.

Fitur video conference di aplikasi Whatsapp ini pun bisa kita gunakan untuk melakukan meeting virtual dalam rangka mendukung program social distancing yang dicanagkan pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona atau covid 19 ini.

GoToMeetings

Aplikasi video conference ini sepenuhnya dirancang untuk organisasi bisnis, sehingga tidak memiliki versi gratis. Paket yang paling terjangkau dari GoToMeetings adalah US$ 14 per bulannya. Versi termurah tersebut sudah menyediakan fitur-fitur yang serupa dengan aplikasi panggilan video pada umumnya, seperti percakapan audio, pesan singkat, dan screen sharing.

Namun, kapasitas maksimal yang diperbolehkan dalam satu kali pertemuan hanya 150 orang. Itu juga sudah termasuk fitur paling menarik dari GoToMeetings, yakni Personal Meetings Room, yang memungkinkan Anda untuk membuat ruang pertemuan dalam bentuk tautan khusus yang dapat diakses selamanya dan tidak akan pernah hilang.

Dan jika mau mengocek kantung lebih dalam lagi, GoToMeetings dapat menyediakan lebih banyak fitur lainnya, seperti merekam pertemuan, membagikan berkas multimedia atau dokumen, papan tulis digital, dan transkrip otomatis.

Facebook Messenger

Facebook Messenger bukan aplikasi yang asing bagi pengguna jejaring sosial Facebook. Facebook Messenger sendiri mendukung teks, voice dan video call. Aplikasi ini gratis namun syarat utamanaya Anda harus punya akun Facebook terlebih dahulu.

Aplikasi yang tersedia untuk pengguna Android dan iOS itu mendukung voice chat hingga 50 orang secara bersamaan, video hanya menampilkan hingga 6 orang dalam satu waktu. Aplikasi ini menampilkan stiker, GIF dan filter untuk video call pada beberapa platform.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password