Sejarah 31 Maret: Diresmikannya Menara Eiffel, Salah Satu Ikon Monumental Prancis

Foto kemegahan menara Eiffel dari tampak bawah (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Hari ini 131 tahun yang lalu, sebuah bangunan monumental di kota Paris, Prancis diresmikan. Bangunan tersebut bernama Menara Eiffel. Penamaan menara ini disematkan sesuai dengan nama perancangnya, yaitu Gustave Eiffel.

Bangunan tertinggi di kota Paris ini merupakan salah satu struktur terkenal di dunia, dan sempat menjadi menara paling tinggi di dunia pada masanya, hingga tahun 1930. Dibangun sejak 28 Januari 1887 dan rampung pada awal tahun 1889, menara ini sudah dikunjungi lebih dari 200 juta orang. Hal  ini kemudian menjadikan Eiffel sebagai monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Gustave Eiffel sang perancang menara ini adalah seoramg arsitek dan pakar struktur logam. Dan dia juga lah orangnya yang membangun Patung Liberty di New York, Amerika Serikat.

Pada awal pembangunannya, banyak pihak yang merasa tidak suka dengan dibangunnya menara Eiffel ini. Sejumlah seniman, kaum intelektual, serta warga ada yang tidak suka dengan pembangunan menara ini, alasannya karena tampilan menara ini yang terlalu mencolok.

Menurut mereka, menara itu tak berguna dan buruk rupa. Keberadaannya malah dianggap merusak pemandangan jantung Kota Paris yang berbudaya. Para penentang bahkan sempat membuat petisi, yang menuntut agar menara besi itu dibongkar secepatnya.

Meski sempat diwarnai pertentangan, proyek yang dipimpin Gustave Eiffel tetap berlanjut. Menara raksasa itu diselesaikan dalam waktu dua tahun, dengan biaya di bawah anggaran yang diajukan. Satu pekerja tewas dalam pengerjaan konstruksi ini.

Baca Juga:   Sejarah 24 September: Hari Tani Nasional, Perjuangan Petani Terlepas dari Sistem Feodal

Pada 31 Maret 1998, Menara Eiffel diresmikan di Kota Paris, dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Gustave Eiffel dan dihadiri Perdana Menteri Prancis Pierre Tirard, sejumlah tokoh, dan 200 pekerja konstruksi. Dan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 6 Mei.

Dan pada pekan pertama dibuka, sekitar 30 ribu orang nekat menaiki Eiffel, dengan memanjat 1.710 anak tangga menuju puncak. Warga tergopoh-gopoh datang untuk menikmati sensasi mendebarkan berada di ketinggian ekstrem. Namun, setelah berada di puncak, rasa lelah pun terbayar karena mereka bisa menyaksikan pemandangan kota Paris yang begitu indah dari sana.

Menara Eiffel memiliki izin berdiri hanya selama 20 tahun, maka jika sudah memasuki waktu yang telah ditentukan, menara ini harus dibongkar pada tahun 1909, ketika kepemilikannya telah diserahkan ke kota Paris.

Tapi setelah dinailai menara mendatangkan keuntungan di segi komunikasi, karena terdapat radio pemancar di atasnya. Menara ini pun masih tetap kokoh berdiri walaupun ijinnya sudah habis, dan masih ada hingga saat ini.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password