Fix! Pemkab Bandung Barat dan DPRD KBB Sepakat Soal Relokasi Anggaran Rp 18 Miliar untuk Penanganan Corona di KBB

Foto Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna/ Bosscha.id

Bosscha.id– Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sustisna memastikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) KBB sebesar Rp 18 miliar dapat direlokasi untuk mengatasi ancaman wabah virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat.

Rencananya, dana tersebut akan dibelanjakan untuk kebutuhan pemberian peralatan medis, obat-obatan, dan keperluan lainnya yang terkait dalam mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di KBB.

“Anggaran tersebut akan di fokuskan untuk mendukung tindakan preventif (pencegahan) dan untuk memperkuat fasilitas kesehatan di Bandung Barat hingga insentif untuk para tenaga medis selama dalam periode pandemik covid-19 ini,” kata Bupati, Senin (30/3/2020).

Menurut Bupati, alakosi dana sebesar Rp 18 miliar tersebut diproyeksikan setelah ada hasil  kesepakatan antara pihak eksekutif dan legisatif untuk penanganan wabah corona di KBB. 

“Tentunya ini dengan persetujuan dari kawan-kawan di DPRD Kabupaten Bandung Barat,” tutur Bupati.

Lebih lanjut Bupati pun mengajak masyarakat agar bersama-sama mencegah dan melawan virus corona.

“Seluruh stakeholder di Bandung Barat akan terus melakukan yang terbaik untuk menekan penyebaran, dan saya harap masyarakat Bandung Barat juga ikut membantu dengan tetap di rumah aja,” ungkapnya.

Baca Juga:   Survei: Elektabilitas Ridwan Kamil Geser Anies

Seperti diketahui, alokasi anggaran Rp 18 miliar tersebut adalah hasil dari pergeseran APBD 2020 sebesar Rp 16 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) dan Rp 2,7 miliar dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCTHT).

“Lalu kemudian untuk mengantisipasi situasi yang tidak terduga kami juga akan mengusulkan agar pemerintah daerah menarik deposito sebesar Rp 10 miliar untuk di masukan atau menambahkan biaya tak terduga BTT sehingga total BTT kita sebesar Rp 20 miliar, disamping  selain pengajuan bantuan keuangan ke provinsi sebesar Rp 26 miliar,” kata Ketua DPRD KBB, Rismanto.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password