Sigap Tangani Bencana Banjir Gununghalu, Bupati Aa Umbara: Kebutuhan Logistik Korban Harus Terpenuhi

Ilustrasi @bosscha.id/ Feri Firmansyah

Bosscha.id– Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sustisna mengatakan bahwa logistik untuk warga terdampak banjir bandang di tiga desa di Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, harus tercukupi. Saat ini, Pemkab Bandung Barat berupaya untuk memenuhi aspek kebutuhan para korban mulai dari segi kesehatan dan makanan. 

“Sebagai pemerintah, tentu kita akan berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Oleh karena itu, dengan kemampuan yang ada, kita berupaya akan bantu kebutuhan para korban,” kata Bupati saat dihubungi Bosscha.id, Sabtu (28/3/2020).

Menurut Bupati, pada saat kejadian pihaknya langsung menginstruksikan jajarannya untuk membatu para korban mulai dari bantuan distribusi kebutuhan sembako, kesehatan dan keperluan lainnya. Selain itu, ia juga sudah meminta BPBD KBB bersama pemerintah kecamatan dan desa mendata bangunan, fasilitas umum, fasilitas sosial, dan lainnya yang rusak akibat banjir bandang tersebut.

“Semua di pemerintahan harus sigap. Saya juga sudah instruksikan semua steakholder terkait untuk melakukan langkah-langkah cepat dalam menangani banjir ini, terutama yang menyangkut kebutuhan korban terdampak,” ungkapnya.

Bosscha.id

Adapun orang nomor satu di Bandung Barat ini mengaku berduka dengan musibah banjir bandang di kecematan yang berada di bagian selatan KBB ini. 

“Saya juga menyampaikan duka cita atas musibah banjir bandang yang terjadi di wilayah selatan ini,” ucapnya.

Baca Juga:   Sekolah di KBB Siap Gelar Belajar Tatap Muka?

Lebih lanjut Bupati mengingatkan warganya yang terkena dampak banjir untuk terus berhati-hati dan waspada. Terutama saat pada keadaan cuaca yang tidak menentu, mengingat intensitas hujan masih tinggi.

Sementara itu Sekretaris Dinas Sosial KBB, Siti Kurniasih menambahkan, logistik untuk para korban banjir bandang seperti bahan sembako termasuk keperluan lainnya seperti obat-obatan, selimut, tikar, tenda, dan keperluan mandi sudah disalurkan kepada korban.

“Pasca kejadian kita langsung memberikan bantuan. Insyaalah apapun kebutuhan korban terutama untuk keperluan sehari-hari, kita siap membantu dengan kemampuan yang ada,” katanya.

Seperti diketahui, sedikitnya 15 rumah di tiga desa di Kecamatan Gununghalu, KBB ini, terendam banjir akibat meluapnya air dari aliran Sungai Cidadap usai diguyur hujan deras, Kamis (26/3/2020). Tiga desa yang terkena dampak di antaranya Desa Gununghalu, Sirnajaya, dan Bunijaya, dengan total 137 jiwa. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password