Saat #dirumahaja, Ini Olahraga yang Cocok Dilakukan

Anjuran Work From Home, bisa di optimalkan dengan olahraga sederhana dirumah (Bosscha.id)

Bosscha.id – Dampak dari wabah virus corona atau Covid-19 yang semakin meluas di Indonesia, membuat Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan agar masyarakat melakukan kegiatan dari rumah.  Banyak perusahaan yang sudah memutuskan agar karyawannya melakukan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Selain itu di beberapa daerah kegiatan belajar mengajar di sekolah pun diliburkan sementara. Dan banyak juga yang melakukan isolasi mandiri karena merasa dirinya kurang sehat atau lebih memilih melakukan pekerjaan maupun kegiatan lainnya di rumah demi mengurangi risiko terpapar corona.

Meski harus melakukan WFH, bukan berarti Anda tak bisa bebas melakukan berbagai kegiatan lainnya, termasuk kegiatan olahraga. Apalagi faktor utama yang membuat kita tak mudah terpapar virus seperti corona adalah tubuh kita dalam keadaan fit dan sehat.

Oleh karena itu, rutin melakukan olahraga tetap harus dijalani. Agar daya tahan tubuh kita tetap prima dan terjaga. Dan kali ini bosscha.id akan berbagai beberapa macam olahraga yang bisa dilakukan oleh kita yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan di rumah saat masa isolasi. Namun, untuk menghindari risiko cedera karena tak ada pelatih yang mengawasi, kita tak perlu melakukan gerakan yang rumit. Cukup lakukan beberapa gerakan yoga sederhana yang sudah dipelajari sendir. Dengan gerakan yang sederhana ini tentu akan meminimalisir cedera.

Sejumlah gerakan sederhana yoga, seperti tree posemountain pose, dan cat-cow, pranayama atau teknik pernapasan yang simpel. Olahraga ini dipercaya dapat meregangkan otot dan membakar kalori dalam tubuh agar tetap sehat.

Infografis : Bosscha.id

Peneliti dari Texas State University, Stacy Hunter, juga mengatakan bahwa kita setidaknya bisa melakukan pranayama atau teknik pernapasan yoga simpel. Olahraga ini dapat meregangkan otot dan membakar kalori untuk mengurangi berat tubuh Anda.

Baca Juga:   Catat, Ini Tips Memilih Sepeda untuk Goweser Pemula

Kardio

Olahraga kardio juga bisa dilakukan di rumah dan tanpa peralatan. Aktifitas fisik tersebut, dipercaya sangat efektif menurunkan berat badan, melindungi jantung, menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika olahraga ini dijalankan dengan rutin, pastinya tubuh akan tetap terjaga dan akan mencegah penularan virus Corona atau Covid-19.

Gerakan high kness bisa dilakukan di rumah. Pasalnya olahraga ini menggerakan otot utama pada bagian paha dan betis dengan kecepatan tertentu. Selain itu, ada juga burpee yaitu gerak keseluruhan tubuh.

Lompat Tali (Skipping)

Lompat tali atau skipping tentu bisa dilakukan di mana saja, terutama di rumah. Olahraga tersebut mampu membuat otot menjadi rileks dan berkeringat. Cobalah dengan melakukan olahraga ini selama 15 hingga 20 menit setiap harinya.

Olahraga ini bisa menjadi pilihan ketika harus mengisolasikan diri di rumah. Bahkan, bagi penyuka olahraga simpel dan mudah, tidak ada salahnya mencoba lompat tali agar tubuh selalu fit dan bugar. 

Aerobik

Aerobik bisa menjadi opsi yang cukup menarik untuk dilakukan di rumah. Biasanya, instruktur olahraga aerobik ada di hadapan Anda selama sesi berlangsung. Namun, karena darurat virus corona membuat banyak orang memilih untuk tetap di rumah, carilah instruktur online. Sama seperti yoga, ternyata olahraga aerobik juga bisa meredakan gejala depresi dan gangguan cemas, yang mungkin timbul karena diakibatkan oleh virus corona.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password