Ini Dia Caranya Agar Lebih Produktif Saat Harus Work From Home

Tetap produktif walaupun bekerja dirumah (Bosscha.id)

Bosscha.id – Himbauan Pemerintah kepada masyarakat untuk bekerja dari rumah, atau yang populer dengan istilah work from home (WFH), selama pandemik virus corona ini belum membaik. Karena berdasarkan fakta, virus corona dapat dengan mudah tersebar karena adanya interaksi. Interaksi tersebut bisa melalui kontak fisik ataupun kontak dengan benda-benda yang ada di sekitar.

Sehingga untuk mencegah meluasnya penyebaran virus tersebut masyarakat dihimbau untuk melakukan social distancing yang kemudian memunculkan kebijakan work from home tersebut. Beberapa perusahaan sudah menerapkan kebijakan WFH ini, terlihat dari pergeseran lalu lintas data internet ke wilayah perumahan selama jam kerja.

Sudah pasti situasi bekerja di rumah tentu akan berbeda dengan saat berada di kantor. Produktivitas saat bekerja dari rumah sering kali menurun karena banyak gangguan dan kurang pengawasan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas saat harus WFH.

Tetapkan Jam Kerja

Demi terciptanya suasana kerja yang kondusif saat bekerja dari rumah, bisa dimulai dengan menerapkan jam kerja yang sama ketika berada di kantor. Gunakan waktu yang biasanya digunakan untuk bersiap-siap ke kantor menjadi kegiatan lain, misalnya menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah. Suasana bekerja juga bisa dibangun lewat tempat, sebisa mungkin hindari bekerja dari tempat tidur. Menggunakan pakaian yang sama ketika bekerja di kantor juga dipercaya bisa membantu mengubah suasana WFH.

Jangan Bekerja di Tempat Tidur

Kebiasaan generasi milenial saat ini adalah gemar mengerjakan tugas mereka di tempat tidur. Hal ini dilakukan karena mereka merasa adanya kenyamanan ketika bekerja sambil rebahan. Namun, bekerja di atas kasur atau tempat tidur berisiko ketiduran dan tingkat kemalasan orang yang bekerja di kasur akan lebih tinggi daripada yang bekerja di atas meja sambil duduk. Alhasil Anda tidak akan produktif ketika bekerja di atas kasur. Maka hindarilah bekerja di atas tempat tidur, bangun dari tempat tidur dan mulailah bekerja pada posisi yang proper.

Infografis : Bosscha.id

Komunikasi Dengan Keluarga

Baca Juga:   Catat, Ini Tips Memilih Sepeda untuk Goweser Pemula

Nampaknya, sampai saat ini belum semua orang paham dengan konsep bekerja dari rumah, terlebih anak-anak. Maka dari itu, kondisi ini harus kita komunikasikan kepada keluarga, mungkin bisa juga kita tetapkan jam berapa saja, kita tidak bisa diganggu. Siapkan kegiatan untuk anak-anak, misalnya menggambar, menonton film, selama orang tua bekerja dari rumah. Jika memungkinkan, minta bantuan orang lain, misalnya pengasuh, untuk menjaga anak selama kita bekerja dari rumah.

Lakukan Meeting Online dengan Rekan Kerja

Tidak bertemu di kantor bukan berarti kita tidak bisa melakukan koordinasi sama sekali. Maka lakukanlah meeting online dengan rekan kerja untuk membahas pekerjaan bersama. Dengan adanya meeting online sebuah pekerjaan dapat dibagi secara proporsional kepada anggota rekan kerja. Dengan begini Anda juga akan lebih efektif dalam bekerja. Meeting online bisa kita lakukan dengan aplikasi tatap muka online seperti zoom, skype, line call dan sejenisnya.

Tetapkan Jam istirahat

Terlampau asik bekerja, jangan lupa untuk menetapkan waktu istirahat saat Anda bekerja di rumah, yang mungkin terlupa karena terlihat seperti tidak sedang bekerja. Selain untuk makan siang, waktu istirahat bisa kita pergunakan untuk melakukan peregangan otot-otot, dan bercengkrama dengan keluarga.

Itulah beberapa tips work from home yang mungkin bisa Anda lakukan selama masa wabah covid-19 ini. Semoga tips ini bisa membuat Anda bisa lebih produktif meskipun bekerja dari rumah. Selain itu, kita juga harus sama-sama saling menjaga kondisi tubuh dan berdoa agar wabah ini bisa segera selesai sehingga bisa menjalankan aktivitas seperti biasa.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password