Pelaksanaan SKB CPNS di KBB Ditunda karena Corona

Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Gedung Serba Guna Balekota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2020). - ANTARA / Adeng Bustomi

Bosscha.id– Pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) penerimaan CPNS Tahun 2019 yang sedianya diselenggarakan pada 25 Maret 2020 terpaksa ditunda karena pandemic Corona atau Covid-19. Keputusan ini tertuang melalui surat  bernomor B/318/M.SM.01.00/2020 yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Ya sesuai surat dari surat Kemendagri, pelaksanaan SKB di KBB ditunda sementara karena kondisi seperti ini,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Asep Sodikin, Senin (23/3/2020).

Meskid demikian, menurut Sekda, para peserta seleksi diminta untuk selalu mengikuti perkembangan informasi terkait rekruitmen ini di laman atau media sosial resmi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) KBB.

“Semua peserta CPNS sudah bisa mengakses ke website BKPSDM. Saya rasa, semua peserta akan mengikuti perkembangan informasi. Apalagi di media massa informasi sudah begitu gencar,” tuturnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bandung Barat, Asep Ilyas mengatakan, bahwa kebijakan masa berlaku penundaan SKB menunggu kebijakan lebih lanjut berdasarkan evaluasi yang akan dilaksanakan oleh Panselnas.

“Sesuai surat Mendagri tertanggal 17 Maret 2020, hasil dari evaluasi Panselnas tersebut akan diberitahukan dalam bentuk surat edaran,” katanya.

Menurutnya, ditundanya pelaksanaan SKB merujuk pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019, surat Kepala BKN Nomor K.26-30/V 205-4/99 tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan CPNS tahun 2019.

Baca Juga:   Siapa Takut, Bupati Dadang Naser: Saya Siap Divaksin Besok

 “Serta memperhatikan Status Tanggap Darurat Bencana Nasional non-Alam Pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah, dan memperhatikan Peraturan Pemerintah tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Keputusan yang diambil oleh pemerintah ini sebagai langkah pengamanan mencegah meluasnya wabah corona,” terangnya.

Sementara itu, pengumuman hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) tetap dilaksanakan sesuai jadwal yaitu tanggal 22-23 Maret 2020 melalui portal resmi penerimaan CPNS Tahun 2019 oleh masing-masing instansi. Berdasarkan hasil SKD yang diikuti 5.144 peserta, yang lulus sebanyak 688 peserta. Merekalah yang berhak mengikuti SKB. Seperti diketahui, SKD CPNS di Kabupaten Bandung Barat dilaksanakan pada tanggal 5-6 Februari 2019 bertempat di Parahyangan Convention Hall Hotem Mason Pine Kota Baru Padalarang.

Diikuti 5.149 Peserta yang lulus seleksi administrasi. Sementara kuota yang diterima Kabupaten Bandung Barat sebanyak 318 formasi. Terdiri dari 144 formasi tenaga guru, 88 teknis administrasi dan 86 tenaga kesehatan. Advertorial**

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password