Dispernakan KBB: Hewan Peliharaan Tak Menularkan Virus Corona

Bosscha.id

Bosscha.id– Hewan peliharaan tidak menularkan virus corona-19 (covid-19). Pasalnya, virus corona yang menyerang hewan peliharaan berbeda dengan virus corona-19 (covid-19) yang menyerang manusia.

“Virus corona hewan berjenis alpha corona, menyerang saluran pencernaan. Sedangkan virus corona-19 menyerang saluran pernapasan,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan), pada Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispernakan) KBB Wiwin Aprianti, didampingi Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), Rabu (19/3/2020) kemarin di Ngamprah.

Wiwin menyebutkan hewan peliharaan seperti kucing, anjing, burung dan lainnya masih aman dipelihara sepanjang diperhatikan kesehatan, makanan dan kandangnya.

Dengan demikian masyarakat tidak usah khawatir tertular virus corona dari hewan peliharaan karena jenisnya juga berbeda.

“Konsekwensi inilah yang harus diperhatikan oleh kita, ketika memelihara hewan,” tegas Wiwin.

Bosscha.id

Namun, untuk memastikan kesehatan hewan, dianjurkan agar masyarakat memberikan vaksinasi pada hewan peliharaannya.

“Atau memeriksakan secara intensif apabila hewan peliharaannya menunjukan gejala sakit,” katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan, Dispernakan KBB kini memiliki 3 Puskeswan, untuk melayani pemeriksaan hewan peliharaan. Bisa juga menghubungi call centre Puskeswan 081120762.

Baca Juga:   Kota Madrid kembali Lockdown Tekan Lonjakan Kasus Covid-19

Ketiga Puskeswan tersebut berada di jalan Raya Cimareme, kemudian Kampung Celak Gununghalu dan sekitar KUD Sarwa Mukti.

“Ada 4 dokter dan 14 tenaga paramedis yang siap melayani di 3 puskeswan ini. Biayanya juga murah, sekali periksa Rp15 ribu,” jelasnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password