Gara-gara Corona, Hotel dan Obyek Wisata di Lembang Terancam Bangkrut

Bisnis perhotelan di kawasan lembang terancam gulung tikar (Dok.Istimewa)

Bosscha.id– Beberapa hotel di Lembang, Kabupaten Bandung Barat memutuskan tutup selama 2 pekan ke depan sejak Selasa (17/3/2020) sebagai langkah pencegahan virus corona atau Covid-19. Dampaknya, binis perhotelan di Lembang terancam gulung tikar akibat kondisi itu.

“Kita sudah mendapatkan surat edaran. Hotel kita mulai hari ini diliburkan selama dua minggu. Tentu ini sangat berdampak pada pemasukan hotel kita,” kata Manager Marketing dan Sales Hotel Vila Lemon Lembang, Ian Rahmat Firdaus, Selasa (17/3/2020).

Ian mengatakan, sebagai hotel yang berada di kawasan rekreasi, selama ini pihaknya hanya bisa mengandalkan knjungan dari para wisatawan.  Namun akibat kondisi tersebut, agenda-agenda kunjungan ke hotel terpaksa harus dibatalkan.

“Bukan hanya kunjungan wisatawan, kegiatan meeting dinas yang sudah dijadwalkan itu dibatalkan semua. Ini sangat merugikan bagi kami,” katannya.

Bukan hanya hotel, penyebaran wabah corona virus akhirnya berdampak pada penutupan sejumlah objek wisata di kawasan Lembang. Salah satunya Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC), memutuskan untuk tutup selama dua minggu ke depan sejak Senin (16/3/2020).

Baca Juga:   CEK FAKTA: Bupati Bandung Barat Aa Umbara Positif Covid-19

“Akhirnya kami memutuskan untuk melakukan penutupan selama 2 minggu sebagai antisipasi Covid-19. Dan melihat lesunya kondisi kunjungan wisatawan,” kata General Manajer Grafika Cikole, Sapto Wahyudi, saat ditemui di TWGC, Selasa (17/3/2020).

Menurut Sapto, imbasnya, sekitar 7000 ribu tamu melakukan konfirmasi pembatalan kunjungan untuk seminggu ke depan. Pengunjung tersebut yang dijadwalkan akan melaksanakan outbond dan istirahat makan siang. 

“Estimasinya itu 1000 tamu perhari melakukan pembatalan, hanya dari outbond dan yang sudah reservasi untuk makan saja. Belum ditambah yang menginap, mungkin bisa sampai 1200 tamu,” terangnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password