Darurat Corona, Bupati Aa Umbara: ASN Bisa Work From Home

Bosscha.id

Bosscha.id– Sebagai salah satu langkah mengurangi penyebaran virus Covid-19 atau corona, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna memastikan sistem bekerja di rumah (Work from Home/WFH) bagi sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) telah diterapkan di Kabupaten Bandung Barat.

“Interaksi online dengan mengandalkan work home menjadi alternatif para ASN tetap melayani masyarakat di tengah situasi seperti sekarang. Walaupun yang bisa bekerja di rumah, ini hanya untuk beberapa level pejabat struktural tertentu,” kata Bupati, pada acara dialog panggung Sangkuriang IJTI, di Gedung Bupati, Mekarasi, Ngamprah, KBB, Rabu (18/3/2020).

Dengan diperbolehkan ASN bekerja dari rumah, Umbara percaya bahwa para ASN akan mampu bekerja secara maksimal.

“Di era digitalisasi sekarang bisa melakukan apa saja, termasuk dalam menjalankan tugas. Sehingga kami bisa pastikan pelayanan ke masyarakat tetap berjalan dan aman,” tuturnya.

Selain itu, menurut Umbara, Pemkab Bandung Barat juga telah menunda dan menghentikan penyelenggaraan acara yang melibatkan dan mengumpulkan banyak ASN seperti kunjungan kerja (kunker) dan bimbingan teknis (bimtek) di lingkungan Pemkab Bandung Barat. 

Baca Juga:   Antisipasi Corona, Kantor DPRD KBB Mulai Terapkan Cek Suhu Tubuh
Infografis: Bosscha.id

Kebijakan tersebut diambil untuk kesiagaan dan pencegahan penyebaran virus corona. Adapun larangan itu berlaku hingga kondisi terkait virus corona membaik.

“Semua ASN tidak diizinkan untuk melakukan kunjungan kunker ke luar kota. Begitupun dengan yang bersifat bimtek, semua harus dihentikan untuk dua minggu ke depan,” tuturnya.

Lebih lanjut Umbara juga mengintruksikan agar seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) harus menyediakan sanitizer. Hal itu sebagai bentuk perlindungan untuk antisipasi penyebaran virus corona. 

“Kita kan tidak tahu, apakah seseorang yang kita hadapi ini terinfeksi virus corona atau tidak. Paling tidak dengan penyemprotan begini, bisa ada upaya pencegahannya,” tegasnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password