Luncurkan Mobil Warung Pajak Keliling, Bupati Aa Umbara Ajak Warga KBB Taat Pajak

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melayani pembayaran pajak dengan menggunakan Mobil Layanan Warung Pajak Daerah I dari BPKD, KBB, Selasa (17/3/2020).

Bosscha.id– Sebagai upaya untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat dalam pola memudahkan pembayaran pajak, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat meluncurkan mobil layanan pajak keliling.

Keberadaan fasilitas Mobil Layanan Warung Pajak Daerah I dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) KBB ini diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di KBB.

“Ini sebuah inovasi sesuai dengan jargon ‘KBB Lumpaaat’, semoga dengan proaktif dan jemput bola maka target PAD tahun ini sebesar Rp614 miliar dapat tercapai,” ucap Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, yang melaunching secara resmi Mobil tersebut, di Kecamatan Parongpong (17/3/2020).

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melayani pembayaran pajak, Selasa (17/3/2020). Foto: Humas Setda

Mobil pajak keliling ini akan melayani seperti Pajak Penerangan Jalan, Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Parkir, Pajak Hiburan, Pajak Air Tanah, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, dan Pajak Reklame. Semua transaksi pajak bisa dibayar di mobil layanan ini, hanya untuk pajak yang di atas Rp5 juta dibayar dengan cara transfer.

Adapun luas wilayah KBB yang terdiri dari 16 kecamatan dan 165 desa, maka perlu kerja ekstra khususnya dalam menjalankan program pelayanan publik termasuk menarik pajak. Dengan demikian, mobil ini dipastikan akan mobile berkeliling ke setiap kecamatan. Sehingga akan terus terpantau setiap bulannya perusahaan atau wajib pajak yang membayar kewajiban mereka.

“Adanya fasilitas Mobil Layanan Warung Pajak Daerah ini juga tentu diharapkan bisa merangsang masyarakat untuk taat membayar pajak. Karena pembayarannya sudah dimudahkan secara online, bahkan didatangi langsung ke wilayah mereka,” kata Bupati.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melayani pembayaran pajak, Selasa (17/3/2020). Foto: Humas Setda

Bupati juga menambahkan, inovasi ini semakin menambah berbagai program inovatif yang telah digulirkan pemerintahannya yang memiliki visi Aspiratif, Kreatif, Unggul, dan Religius (AKUR). Sebelumnya juga sudah diluncurkan program Sistem Pelayanan Antar Langsung (Silayung) yang digulirkan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Melalui program itu warga tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil untuk mendapatkan KTP elektronik, karena akan diantarkan langsung oleh petugas ke rumah masing-masing.

Baca Juga:   Digelar di Tengah Pandemi Covid-19, Tes SKB CPNS di Bandung Barat Berjalan Sukses
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melayani pembayaran pajak dengan menggunakan Mobil Layanan Warung Pajak Daerah I dari BPKD, KBB,
Infografis: Bosscha.id

“Kalau pola ini efektif, ke depan bukan tidak mungkin mobil layanannya akan ditambah. Karena target kita kan jelas, penambahan PAD. Jadi target tercapai, masyarakat puas, pelayanan juga bisa ditingkatkan lagi,” tuturnya.

Sementara itu, dengan danya layanan Mobil Warung Pajak Daerah langsung dirasakan mudah oleh masyarakat saat membayar pajak. Terlebih, jika biasanya masyarakata harus bayar ke kantor Pemda di Ngamprah, tapi dengan adanya jemput bola,tidak perlu repot jauh-jauh untuk bayar pajak.

“Ini saya baru kali ini bayar pajak dan dilayani langsung oleh bupati. Inovasi yang baik, semoga target pajak di KBB bisa tercapai, dan wajib pajak juga bisa tepat waktu dalam membayarnya. Semoga saja fasilitas ini juga dapat dimanfaatkan oleh wajib pajak lainnya, agar pembangunan di KBB bisa lebih maju lagi. ” kata Iwan, salah seoarng wajib pajak yang juga pengelola rumah makan di kawasan Parongpong, KBB.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password