16 Maret: Ulang Tahun Dian Satrowardoyo, Ini Daftar Filmnya

Pernikahannya dengan Maulana Idraguna, menjadi patah hati nasional bagi kaum lelaki (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Diandra Paramita Sastrowardoyo atau lebih populer dengan nama Dian Sastrowardoyo atau Dian Sastro adalah salah seorang aktris papan atas yang patut diperhitungkan di dunia perfilman tanah air.

Nama Dian Sastro mulai jadi bahan perbincangan sejak dirinya sukses berperam dalam film Pasir Berbisik (2001), dan Ada Apa Dengan Cinta (2002) yang sukses melambungkan namanya ke jagat hiburan tanah air.

Perempuan kelahiran Jakarta, pada 16 Maret 1982 ini juga dikenal sebagai aktris yang memiliki banyak prestasi. Salah satunya ada tahun 2005 silam Dian mendapatkan penghargaan sebagai aktris berbakat (The Most Promising Actress), pada festival Film Asia Pasifik, Kuala Lumpur.

Selain itu Ia pun terpilih sebagai Aktris Terbaik dalam Festival Film Asia Deauville, Prancis dan Festival Film Internasional Singapura, Aktris Terpuji dalm Festval Film Bandung. Dan masih banyak lagi penghargaan yang telah Ia terima.

Dian Sastro memulai kariernya di dunia hiburan pada tahun 1996, sebagai juara pertama di ajang GADIS Sampul majalah GADIS. Ia disebut-sebut sebagai ikon dari kebangkitan film nasional bersama rekannya di film Ada Apa dengan Cinta?, Nicholas Saputra.

Film pertamanya yang berjudul Bintang Jatuh (2000), karya Rudi Sujarwo, diedarkan indie di kampus-kampus dan tidak ditayangkan di bioskop. Di film tersebut, Dian beradu akting dengan Marcella Zalianty, Garry Iskak, dan Indra Birowo.

Dian Sastrowardoyo adalah anak dari pasangan Ariawan Rusdianto Sastrowardoyo dan Dewi Parwati Setyorini. Selain sebagai aktris, Dian pun pernah memiliki rubrik sendiri di majalah GADIS yang berntajuk Kata Dian. Di rubrik tersebut, ia menyalurkan bakat menulisnya dan berkomunikasi dengan pembaca majalah Gadis.

Dian adalah lulusan jurusan filsafat FIB UI (S1) dan kemudian melanjutkan ke jenjang paska sarjana (Master) Manajemen Keuangan di MM UI dan lulus tahun 2014 dengan predikat cum laude. Dian masih mempunyai hubungan dengan keluarga tokoh pergerakan nasional yakni Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo dan juga penyair Subagio Sastrowardoyo, di mana mereka adalah kakak dari kakek Dian.

Baca Juga:   Sejarah 31 Maret: Diresmikannya Menara Eiffel, Salah Satu Ikon Monumental Prancis

Selain berkarier di dunia model dan perfilman, Dian Sastro juga mempunyai usaha. Pada tahun 2014, Dian dan 2 temannya mulai merintis bisnis bersama bernama 3 Skinny Minnies dalam usaha katering diet. Lalu Dian dan anggota 3 Skinny Minnies membuat usaha bisnis baru lagi di tahun 2017 dengan mendirikan sebuah restoran di Senayan City, Jakarta yang bernama MAM.

Dan dengan berbekal ilmu fotografi dan jaringan fotografer selama menjadi model dan bintang iklan, di bulan Februari tahun 2017 Dian Sastro beserta 4 rekannya yaitu Endra Marsudi, Hermawan Sutanto, Damon Hakim dan Michael Tampi, mulai membangun usaha rintisan (startup) di bidang fotografi wisata (travel photography) bernama Frame A Trip.

Dengan kejelian Dian melihat celah pasar generasi milenial yang suka traveling dan kian berburu likes di dunia media sosial, kini Frame A Trip sudah bisa melayani lebih dari 200 kota di seluruh dunia dan terus berkembang dengan pesat. Frame A Trip juga memperkuat posisinya di pasar Indonesia lewat kerja sama dengan Kementerian Pariwisata sebagai mitra dalam mempromosikan merek Pesona Indonesia (co-branding Wonderful Indonesia).

Tujuannya, tentu agar banyak destinasi wisata di Indonesia bisa semakin maju, dikenal, dan diminati oleh turis domestik maupun turis internasional lewat promosi foto-fotonya yang eksotis dan mengagumkan itu.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password