Sejarah 5 Maret: Hari Lahir Benyamin S “Si Raja Betawi”

Talenta Bang Ben tidak hanya dalam seni peran tapi dalam dunia musik juga (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Siapa yang tak kenal dengan sosok seniman satu ini. Benyamin Sueb, adalah seorang seniman asli Betawi yang sukses menjadi aktor dan penyanyi Indonesia. Bang Ben sapaan akrabnya, lahir di Kemayoran, Jakarta, 5 Maret 1939, tepat hari ini 81 tahun yang lalu.

Bang Ben, berhasil menjadikan dirinya sebagai figur yang melegenda di kalangan masyarakat Betawi khususnya, karena berhasil membawa budaya Betawi bisa dikenal luas hingga ke mancanegara. Kesuksesannya di dunia musik dan film membuat namanya semakin melambung. Lebih dari 75 album musik Ia keluarkan dan 53 judul film yang Ia bintangi. Ini sudah menjadi bukti konsistensi dan keseriusannya di dunia seni.

Bungsu dari delapan bersaudara yang lahir dari pasangan Suaeb-Aisyah ini kehilangan bapaknya sejak umur dua tahun. Karena kondisi ekonomi keluarga yang tak menentu, sejak umur tiga tahun ia diizinkan mengamen keliling kampung dan hasilnya digunakan untuk biaya sekolah kakak-kakaknya. Ia juga dikenal sebagai anak yang jahil dan humoris, karena itulah ia banyak disukai banyak orang.

Saat berusia 7 tahun, ia masuk Sekolah Rakyat Bendungan Jago. Sempat berpindah sekolah ke Bandung saat kelas 5 SD, tetapi kemudian kembali lagi ke Jakarta saat ia SMP. Ia melanjutkan SMA di Taman Kemayoran Jakarta dan sempat setahun Kuliah di Akademi bank Jakarta walaupun hanya  setahun.

Lalu Ia kembali menekuni musik setelah menikahi Noni pada tahun 1959, istrinya yang pada tahun 1979 pernah bercerai dan rujuk kembali di tahun yang sama. Ia dikaruniai 5 orang anak dari pernikahannya yang pertama. Dan dengan istrinya yang kedua yaitu Alifah, ia dikaruniai 4 orang anak.

Saat masih muda, Ia mengaku tidak mempunyai cita-cita yang pasti. Beberapa profesi pernah ia jalani, seperti pedagang roti dorong dan kondektur bis. Karir bermusiknya dimulai ketika ia bergabung dengan grup musik Naga  Mustika. Grup inilah yang mengibarkan nama Benyamin di Indonesia. Ia pun pernah berduet dengan Ida Royani dan Inneke Koesoemawati.

Dunia musik yang telah melambungkan namanya, kemudian membuatnya mendapatkan tawaran bermain film. Beberapa film yang pernah Ia bintangi diantaranya seperti Banteng Betawi (1971), Biang Kerok (1972), dan Intan Berduri (1972) yang membuatnya mendapat Piala Citra sebagai Pemeran Utama Terbaik. Di tahun yang sama, Si Doel Anak Betawi yang disutradarai Sumanjaya semakin melambungkan namanya di jagat hiburan tanah air.

Hingga akhir hayatnya Bang Ben pun masih bersinggungan dengan dunia hiburan. Selain bermain film, Ia juga tercatat pernah bermain sinetron/film televisi (Mat Beken dan Si Doel Anak Sekolahan). Selain itu, di penghujung hidupnya ia pun masih merilis album terakhirnya dengan grup Rock Al-Haj bersama Keenan Nasution. Lagu seperti Biang Kerok serta Dingin-dingin menjadi andalan album tersebut. Dan proses berkaryanya pun harus terhenti pada medio tahun 90an. Pasalnya Ia meninggal pada 5 september 1995 karena serangan jantung seusai bermain sepak bola.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password