Eksklusif : Pariwisata KBB Porak-poranda Karena Wabah Virus Corona

Bosscha.id

Bosscha.id– Dampak virus corona yang juga merebak di Indonesia, berdampak pada jumlah wisatawan ke Lembang Kabupaten Bandung Barat yang turun hingga 20 persen. Potensi pemasukan dari kunjungan wisatawan Free Individual Traveler (FIT) mulai dari Family Traveler, Business Traveler dan para wisatawan yang datang bersama rombongan menggunakan jasa Online Travel Agent (OTA) menurun drastis.

Manager Marketing dan Sales Hotel Vila Lemon Lembang, Ian Rahmat Firdaus mengatakan, penyebaran virus corona membawa dampak hilangnya kujungan wisatawan.

“Kita kehilangan banget banyak tamu hotel. Terutama, tamu yang biasanya menggunakan jasa OTA. Dampak corona sangat terasa,” kata Ian kepada Bosscha.id, Kamis (5/3/2020).

Ian mengungkapkan selama ini pihaknya sangat bergantung pada industri pariwisata. Namun, dampak penyebaran virus corona berdampak pada potensi pemasukan dari pariwisata hilang akibat kondisi tersebut.

“Sebelumnya wisatawan asal luar negeri seperti Arab Saudi dan Malaysia yang berkujung ke Lembang cukup banyak, sekarang hampir jarang sekali,” ungkapnya.

Termasuk Ian juga mengeluhkan penurunan minat wisata lokal untuk datang ke Lembang.

“Kujungan wisatawan China lokal misalnya, sekarang sangat jauh berkurang. Padahal, sebelumnya cukup banyak wisatawan-wisatawan lokal China dari BSD Tanggerang,” ujar Ian.

Lebih lanjut Ian berharap ada upaya dari pemerintah dalam mengatasi kondisi tersebut.

“Harapannya pemerintah bisa cepat tanggap saja, itu saja sih,” ucapnya.

Objek Wisata Merosot

Saat ini pariwisata di Kabupaten Bandung Barat menjadi salah satu point penting bagi pembangunan ekonomi masyarakat. Hal ini tak terlepas dari adanya beberapa wahana wisata favorit pun seperti Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Perahu, The Lodge Maribaya, Farm House Susu Lembang, dan sejumlah objek wisata lainnya,

Kemerosotan kujungan wisatawan akibat penyebaran virus corona dirasakan juga sejumlah objek wisata di Lembang. Banyak wisatawan turut menunda keberangkatannya. Misalnya, wisata Lembang Park and Zoo, itu mengalami penurunan kunjungan wisatawan sekitar 10 persen dari jumlah pengunjung sekitar 1.000 orang perhari lantaran masyarakat khwatir terpapar penyebaran virus corona.

Baca Juga:   Ini Aktivitas Bupati Dadang Naser Jelang Akhir Masa Jabatan

“Penyebaran Virus Corona itu berpengaruh pada penurunan pengunjung, sekitar 10 persen. Tapi itu juga berpengaruh ke wisata lain, buka kami saja,” ujar Manager Operasional Lembang Park and Zoo, Iwan Susanto.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus mematikan tersebut, pihaknya menyediakan hand sanitizer untuk wisatawan dan pengelola juga rutin melakukan pembersihan semua kandang binatang yang ada di Lembang Park and Zoo.

“Untuk pengunjung kami siapkan hand sanitizer dan antiseptic, kalau masker tidak ya, karena masker itu yang saya dengar hanya boleh digunakan untuk orang yang suspect,” ucapnya.

Bosscha.id

Pengawasan Objek Wisata

Sementara itu, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengintruksikan sejumlah dinas terkait agar melakukan pengawasan di lokasi wisata yang kerap didatangi wisatawan asing sebagai upaya antispiasi penyebaran wabah Corona Virus.

“Objek wisata harus diawasi dan dipantau, tugas Disbudpar harus keliling ke tempat wisata karena tidak menutup kemungkinan ada indikasi tersebar melalui wisatawan yang datang,” ujar Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sustina, Rabu (4/3/2020) kemarin.

Selain itu, yang perlu menjadi perhatian kata Umbara, keberadaan tenaga kerja asing di proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

“Lakukan penghentian Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina yang sebelumnya pulang ke negara asal,” ucapnya.

Adapun Umbara mengimbau agar masyarakat menggencarkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) untuk meminimalisir kemungkinan terjangkitnya virus asal Cina tersebut.

“Intinya menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan membiasakan cuci tangan,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password