Inilah Manfaatnya Jika Makan Langsung Menggunakan Tangan

Banyak yang tidak tahu kalau disela-sela jari terdapat bakteri baik (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Sebagian orang beranggapan bahwa makan langsung menggunakan tangan tanpa menggunakan sendok memiliki kenikmatan tersendiri. Karena jika makan langsung menggunakan tangan lebih bebas mengambil suapan demi suapan, serta lebih mudah mengambil makanan yang ada di piring.

Apalagi jika lauk makannya adalah ikan dengan sambal. Tentu akan terasa lebih nikmat. Sebenarnya, budaya makan pakai tangan ini sudah ada sejak dulu. Namun kini, beberapa orang mulai meninggalkannya karena dianggap jorok.

Padahal, jika sebelumnya sudah cuci tangan dengan bersih, cara makan ini justru mendatangkan sejumlah manfaat atau keuntungan yang baik bagi tubuh kita. Dan pada artikel kali ini bosscha.id akan berbagi manfaatnya jika kita makan langsung menggunakan tangan.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Pada telapak tangan dan sela-sela jari Anda, itu terdapat bakteri baik dan bakteri jahat. Bakteri baik akan melindungi tubuh Anda dari virus berbahaya dan menjaga kesehatan mulut, tenggorokan, usus, dan sistem pencernaan.

Maka disaat kita makan menggunakan tangan, bakteri baik akan berpindah ke mulut dan ditelan menuju tenggorokan dan sampai di usus. Proses ini membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan di usus dan mencegah penumpukan bakteri berbahaya. Dan jika Anda makan dengan sendok garpu, maka bakteri baik tidak akan masuk ke dalam tubuh Anda.

Selain itu saat kita baru menyentuh makanan, sebuah sinyal dikirim ke otak untuk melepas enzim dan cairan yang dibutuhkan dalam proses pencernaan. Otak akan mengatur supaya metabolisme bekerja sesuai apa yang dibutuhkan dalam proses pencernaan yang baik. Dengan sistem pencernaan yang baik pastinya akan menunjang kesehatan tubuh dan pikiran Anda.

Makanan Terasa Lebih Enak

Saat Anda menyentuh makanan untuk dimasukan ke mulut, saraf ujung jari akan terangsang dan mengirimkan sinyal ke otak untuk melepaskan cairan pencernaan. Hal inilah yang menyebabkan makanan yang kita makan mengunakan tangan akan terasa lebih enak daripada menggunakan sendok.

Selain itu, saat Anda makan mengunakan tangan membuat aktivitas makan Anda menjadi lebih lambat. Tentunya hal ini akan berakibat sitem pencernaan dalam tubuh Anda akan bekerja lebih baik. Hal ini dikarenakan saat makan menggunakan tangan Anda menjadi lebih sadar dan merangsang semua organ pencernaan supaya bekerja lebih optimal.

Membantu Mencegah Diabetes Tipe 2

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition, menemukan bahwa orang yang mengidap diabetes tipe 2, kemungkinan terjadi pada orang yang makan cepat dengan menggunakan alat makan. Seseorang yang terbiasa makan menggunakan sendok garpu pasti akan menghabiskan makan dengan cepat.

Hal ini akan beresiko terserang penyakit diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan tegesa-gesa menghabiskan makanan dengan cepat tanpa dikunyah dengan maksimal, akan berakibat pada ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh sampai akhirnya bisa menderita diabetes.

Menjadi Sensor Suhu dan Tekstur Makanan

Saat Anda makan dengan sendok atau garpu, secara reflek pasti akan langsung masuk ke dalam mulut. Tidak peduli suhu dan tekstur makanan itu seperti apa. Lain cerita jika Anda makan mengggunakan tangan, ujung saraf jari tangan akan merasakan suhu makanan, apakah bersuhu panas atau dingin. Sehingga Anda akan tahu makanan akan dilahap langsung atau menunggu sampai suhunya normal.

Selain itu makan dengan tangan membuat saraf jari bisa merangsang apakah makanan bertekstur keras atau lembut. Sehingga akan memudahkan Anda dalam proses pengunyahan. Kondisi di atas juga akan menyebabkan pelepasan enzim pencernaan dan zat-zat yang tepat untuk membantu Anda mencicipi makanan dengan baik.

Meningkatkan sirkulasi darah

Makan langsung menggunakan tangan ternyata juga mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, ini disebabkan karena tangan yang digunakan saat makan akan bergerak guna menghantarkan makanan ke mulut. Sehingga tangan melakukan semacam gerakan latihan otot yang berakibat pada peningkatan sirkulasi darah.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password