Proyek KCIC Jakarta-Bandung Distop Sementara, Warga: Alhamdulillah, Kalau Bisa Jangan Diteruskan

WARGA terdampak penggusuran Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di Kampung Andir, RT03/04, Desa Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Sebelum tergusur, mereka sempat menuntut keadilan mengenai kesesuaian ganti rugi lahan. /Anshar Mohamad.

Bosscha.id– Warga di Kabupaten Bandung Barat mengaku bersyukur bahwa pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bakal dihentikan sementara. Bahkan, warga berharap agar proyek besar tersebut tidak usah dilanjutkan seterusnya.

“Alhamdulillah kalau memang dihentikan, kalau bisa tidak perlu diteruskan. Kemarin saya jadi kebanjiran, karena pembangunan kereta cepat ini asal-asalan. Ada gorong-gorong malah tertutup tanah dari urugan proyek,” ujar Ghoir (35), Warga Kampung Lebaksari, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, yang jadi korban pengerjaan mega proyek tersebut, saat ditemui di kediamannya, Minggu (1/3/2020).

Ghoir mengatakan, selama adanya aktivitas pengerjaan proyek KCIC dirinya mengaku sangat terganggu. Saat malam pergantian tahun baru 2020 lalu misalnya, rumahnya diterjang banjir setinggi 1,5 meter.

“Ini juga bisa dibilang salah satu penyebab banjir terparah selama 10 tahun terakhir,” kata Choir yang juga sudah menempati rumah di kampung tersebut sejak tahun 1990-an.

Tak hanya banjir, ujar Ghoir, proyek itu juga mengebabkan wilayah tempat tinggalnya menjadi berdebu, berisik, dan tidak ramah lingkungan, terutama bagi anak-anak.

“Ini kan tanahnya basah, kalau kering itu debunya sangat mengganggu. Pasti lah kalau masuk ke dalam rumah, tapi yang lebih berbahaya untuk pernafasan. Kalau sedang ada pengerjaan juga jadi berisik,” paparnya.

Terhitung mulai Senin (2/3/2020), pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bakal dihentikan sementara. Alasannya, proyek yang bakal dihentikan langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini karena ada beberapa kejadian yang disebabkan oleh proyek tersebut.

Di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat, pengerjaan proyek KCJB juga menjadi biang kerok sejumlah kejadian. Berikut beberapa kejadian yang disebabkan oleh proyek KCJB di Cimahi dan KBB.

Adapun berdasarkan pantauan di proyek kereta cepat di Kampung Lebaksari, alat berat untuk pengerjaan proyek masih ada yang beroperasi. Meski demikian, di tunnel 10 Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, KBB, tak terlihat ada pengerjaan atau pekerja yang mondar-mandir. .

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password