Bupati Aa Umbara “Ngabati” Bareng Petani di Bandung Barat

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, berdialog bresama para petani di kampung Barunyatuh Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua, Rabu (26/2/2020). Humas Setda KBB

Bosscha.id– Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisina mengajak milenial di Kabupaten Bandung Barat tekuni bidang pertanian. Terlebih, di era digital saat ini, peluang ekonomi dari sektor pertaniaan memiliki potensi cukup besar.

“Tak perlu malu atau gengsi untuk anak milenial menjadi petani. Menjadi petani merupakan penyumbang besar terhadap perekonomian kita. Dengan bertani, saya yakin angka pengangguran dan kemiskinan akan menurun,” kata Umbara saat ditemui dalam kegiatan Petani “NGABATI” (Ngariung Bareng Bupati) di Desa Pasir Langu, Kecamatan Cisarua, Rabu (26/2/2020).

Kendati saat ini ada kecenderungan minat pemuda untuk bertani semakin menurun, namun Umbara menilai beberapa petani muda di KBB ada yang berhasil berkebun. Bahkan, mereka mampu memberikan dampak sosial atau mampu melahirkan agrosociopreneur di KBB.

Menurut Umbara, khusus di Bandung Barat, beberapa komoditas sayuran sudah memiliki pasar ekspor. Misalnya. beberapa jenis sayuran seperti paprika, baby bean dan edamame kini menembus pasar Singapura, Jepang, China bahkan Eropa.

“Sekarag kita buat dan bantu untuk anak milenial berkebun. Minimal mereka suka dan bisa berkebun sayuran dengan tangan mereka sendiri. Setelah itu beri kesempatan anak milenial mengembangkan perkebunan mereka dengan teknologi yang ada seperti smart farming,”. tuturnya.

Baca Juga:   Sudah Dilarang, Ratusan Warga Gununghalu Nekat Pulang Kampung, Camat Gunung Halu: Mereka Langsung Diisolasi Mandiri
Bosscha.id

Lebih lanjut Umbara mengatakan, dengan dibagunnya insfrastruktur di Cikalong Wetan-Cisarua itu diyakini akan menjadi peluang menciptakan sentra sayuran sebagai destinasi wisata baru. Diharapkan, dengan adanya sentra sayuran baru tersebut itu bisa menjadi etalase prduk-produk unggulan petanian Bandung Barat.

“Tentunya, hasil produk pertanian dari petani milenial ini harus bisa dipasarkan di sana. Mudah-mudahan, tahun ini jalan Cikalongwetan-Cisarua segera terbangun, termasuk sentra pertanian di wilayah itu,” kata Umbara.

Dalam kegiatan NGABATI (Ngariung Bareng Bupati), Aa Umbara juga di ajak langsung turun ke perkebunan dan memetik paprika sendiri. Dia juga berdiskusi langsung bersama para petani yang hadir di sana.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password