Awas! Ratusan Pohon di KBU Rawan Tumbang

Bosscha.id

Bosscha.id– Ratusan pohon di kawasan Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara rawan tumbang. Faktor pemicu pohon tersebut rawan tumbang lantaran  sudah tua.

Pohon yang rawan tumbang itu berada di wilayah Cikole, Cisarua, dan Manglayang. Berdasarkan data yang dihimpun, dari 200 pohon rawan tumbang, sekitar 70 pohon di antaranya sudah dirobohkan.

Administratur Perum Perhutani KPH Bandung Utara, Komarudin  mengungkapkan,  pohon-pohon yang rawan tumbang tersebut sebagian sudah dirobohkan.

“Dirobohkan itu dari akar-akarnya. Nanti batang pohonnya disimpan sampai lapuk dan tidak boleh digunakan karena bukan untuk keperluan umum,” ujar Komarudin saat dihubungi, Senin (24/2/2020).

Ia menyebutkan pohon yang dirobohkan berada sangat dekat dengan jalan raya dan permukiman warga.  

Adapun, perobohan akan dilakukan hingga 200 pohon yang rawan tumbang itu tak berdampak bahaya pada warga lagi. 

“Namun perobohan tergantung pada kondisi di lapangan. Yang pasti, kami lebih waspada dan sudah mendapat surat dari pimpinan untuk mengidentifikasi pohon rawan tumbang untuk kemudian dirobohkan. Karena perobohan harus dengan persetujuan pimpinan,” katanya. 

Lebih lanjut, ia mengatakan, setelah melakukan penebangan pohon tua, pihaknya langsung menanam sebanyak tiga hingga lima pohon untuk pengganti satu pohon yang telah dirobohkan.

“Penanaman pohon itu untuk peremajaan kembali dan sebagai pengganti yang dirobohkan. Tapi penggantinya harus lebih banyak dari jumlah yang dirobohkan,” jelasnya. 

Seperti diketahui, pohon tumbang dari lahan Perhutani menimpa dua rumah semi permanen di Kampung Sukawana, RT 1/13, Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) hingga rusak berat, Kamis (20/2/2020).

Pohon jenis pinus setinggi 20 meter dengan diameter 70 sentimeter itu tumbang setelah sebelumnya terjadi hujan deras disertai angin kencang hingga menimpa dua rumah milik Hidayat (37) dan Eti Rohaeti.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password