Ampuh! Ini Tips Anti Mabuk Perjalanan

Menyediakan kertas atau kantong plastik didalam mobil untuk menghindari dampak mabuk perjalanan (Shutterstock)

Bosscha.id – Jika Anda adalah orang yang kerap mabuk perjalanan saat sedang bepergian jauh dengan kendaraan darat, tentu hal itu akan menjengkelkan dan akan membuat tidak nyaman karena mengganggu kenikmatan perjalanan.

Gejalanya, mula-mula badan serasa melayang, muka pucat, berkeringat dingin, dan keluar air liur berlebihan (hipersalivasi). Hal ini tentu akan membuat banyak air liur tertelan sehingga menimbulkan rasa mual, dan akhimya muntah.

Ada orang yang memang langganan mabuk saat sedang melakukan perjalanan, namun ada juga yang mabuk karena faktor kesehatan yang sedikit terganggu saat sedang bepergian, hal itu juga berpotensi mengakibatkan mabuk perjalanan.

Agar perjalanan Anda tidak terganggu karena mabuk, kali ini bosscha.id akan berbagi tips ampuh mengantisipasi mabuk perjalanan. Tanpa perlu mengkonsumsi obat anti mabuk yang bikin ngantuk, dan Anda pun akan tetap nyaman sampai tujuan.

Jangan Biarkan Perut Kosong Atau Kekenyangan

Sebelum menempuh perjalanan jauh, usahakan perut Anda dalam keadaan terisi. Tapi perlu diingat jangan sampai Anda kekenyangan. Makan secukupnya agar perut tidak mual akibat terkena guncangan selama kendaraan berjalan. Karena jika Anda makan terlalu kenyang, yang ada malah perut akan mulas, dan hal itu akan membuat perut mual.

Siapkan Cemilan Selama Perjalanan

Menkonsumsi makanan ringan setiap beberapa jam untuk menjaga makanan tetap ada di perut. Dan pastikan cemilan yang Anda makan itu harus hambar, rendah lemak dan asam. Karena makanan berminyak, asam atau pedas dapat memicu mual, jadi sebaiknya hindari sebelum dan selama perjalanan.

Demikian juga, hindari alkohol, yang dapat bertindak sebagai diuretik dan menyebabkan dehidrasi, eksaserbator mabuk perjalanan lainnya. Makan dan minumlah secara perlahan dan dalam jumlah kecil. Ini memungkinkan Anda untuk bersantai selama makan dan meluangkan waktu untuk menikmati makanan Anda.

Pilih Tempat Duduk Yang Tepat

Posisi Anda duduk saat perjalanan dapat menjadi salah satu penyebab mabuk perjalanan. Menurut Mayo Clinic, penting untuk mencoba mendapatkan kursi di mana Anda akan merasakan mabuk perjalanan paling sedikit. Jika di dalam mobil, pilih kursi penumpang paling depan. Jika Anda menggunakan kereta, pilihlah tempat duduk di sebelah jendela, dan menghadap ke depan, ke arah yang dilalui kereta. Jangan duduk berlawanan dari arah perjalanan Anda.

Dan jika Anda berada di atas kapal, coba cari kabin dengan ketinggian kira-kira di dekat tengah kapal. Apabila Anda menggunakan pesawat terbang, cobalah duduk di tengah pesawat sehingga Anda berada di bagian depan kedua sayap. Jika Anda terjebak di kursi belakang.

Istirahatkan Mata

American Academy of Otolaryngology, merekomendasikan bahwa orang-orang yang rentan terhadap mabuk perjalanan duduk di kursi yang menghadap ke depan dan menghindari membaca saat bepergian. Fokuskan pandangan Anda pada cakrawala atau objek diam di kejauhan, seperti gunung atau rambu jalan.

Jika Anda merasa pusing saat menggulir ponsel, turunkan ponsel dan lihat ke kejauhan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyarankan Anda mengurangi input sensorik dengan berbaring jika mungkin, memandang cakrawala, atau menutup mata.

Cukupkan Asupan Udara Segar

Mabuk perjalanan dapat membuat tubuh Anda merasa panas dan berkeringat. Dan angin, atau hembusan udara yang bertiup ke arah Anda, dapat membantu Anda merasa lebih baik. Untuk mencegah mabuk laut, berdirilah di luar (di atas dek kapal) di udara dingin selama beberapa menit. Untuk perjalanan menggunakan mobil atau bus, buka kaca jendela untuk mendapatkan udara segar. Udara segar yang alami, terbukti lebih baik dari udara yang dikeluarkan oleh pendingin kendaraan.

Mengunyah Jahe

Banyak penelitian membuktikan khasiat jahe dalam mencegah mabuk perjalanan. Rempah-rempah ini mungkin merupakan sahabat terbaik Anda selama perjalanan mudik. Anda dapat makan sepotong manisan jahe, mengisap permen rasa jahe, menelan kapsul akar jahe, atau minum air jahe.

Selain itu, permen peppermint atau permen mint juga dapat membantu memadamkan mabuk perjalanan karena memudahkan pencernaan. Jahe dan peppermint dapat menghangatkan perut dan mencegah mual perjalanan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password