Sejarah 24 Februari: Lahirnya Steve Jobs, Founder Apple Inc

Steve Jobs dikenal luas sebagai seorang yang visioner, perintis dan jenius dalam bidang bisnis, inovasi, dan desain produk (Photo: Albert Watson)

Bosscha.id – Steven Paul Jobs atau akrab disapa Steve Jobs adalah seorang tokoh bisnis dan penemu asal Amerika Serikat. Steve Jobs lahir pada 24 Februari 1955, tepat hari ini 65 tahun yang lalu, di San Fransisco, California Amerika, Serikat.

Ibu kandungnya adalah seorang mahasiswa pascasarjana yang bernama Joanne Simpson dan ayah kandungnya adalah seorang politikus sekaligus profesor matematika berdarah Suriah bernama John Abdulfattah Jandali. Setelah kedua orangtua kandungnya menikah, mereka memiliki anak perempuan yang merupakan adik Steve, Mona Simpson.

Saat baru lahir, Steve memiliki nama Abdul Lateef Jandali hingga akhirnya berubah ketika dia diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs. Pasangan Jobs inilah yang kemudian memberikan nama Steven Paul Jobs. Sebenarnya ibu kandung Steve, Joanne, tidak terlalu setuju kalau bayinya diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs.

Joanne lebih menginginkan agar bayinya diadopsi oleh keluarga yang mampu menyekolahkan Steve hingga perguruan negeri. Namun akhirnya Joanne menyetujui bayinya diadopsi oleh pasangan Jobs, dengan bantuan perusahaan Joanne untuk membantu pembiayaan studi Steve hingga ke perguruan tinggi.

Jobs pun mengenyam pendidikan di Cupertino Junior High School dan Homestead High School di Cupertino, California. Ia terdaftar di kelas Elektronik yang paling populer di sekolah tersebut. Kemampuan steve berkembang sangat pesat saat itu, disana ia bertemu dengan Steve Wozniak yang memiliki minat yang sama dengannya dalam bidang elektronik.

Setelah sekolah, seringkali Jobs mengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California. Jadi tek heran jika ia dan juga Steve Wozniak menjadi pekerja paruh waktu di perusahaan tersebut. Pada tahun 1972, Joobs lulus dari Homestead High School di Cupertino, California dan masuk di Reed College di Portland, Oregon.

Di sana Ia hanya bertahan hingga satu semester saja karena drop out. Selanjutnya, Ia melanjutkan audit kelas di Reed seperti kelas kaligrafi. Lalu Jobs berkata, “Jika aku tidak menghadiri kuliah tunggal di perguruan tinggi itu, maka Mac tidak akan memiliki beragam huruf cetak ataupun huruf dengan spasi sejajar”.

Pada musim gugur tahun 1974, Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri pertemuan Homebrew Computer Club bersama dengan Wonziak. jobs mengambil pekerjaan sebagai teknisi di perusahaan Atari yaitu sebuah perusahaan pembuat permainan video populer, tujuan utama ia melakukan hal tersebut yaitu untuk mengumpukan uang guna melakukan perjalanan spiritual ke India. Setelah itu, Jobs pun melakukan kemudian melakukan perjalanan spiritualnya ke India bersama temannya di Reed College, Daniel Kottke.

Pada tahun 1976, Steve Jobs bersama Steve Wozniak dan Ronald Wayne dengan pendanaan dari manajer pemasaran produk dan teknisi Intel A.C. bernama Markkula Jr. mendirikan perusahaan Apple, yang bernama Apple Computer co.

Komputer pertama yang diperkenalkan Jobs dan Wozniak diberi nama Apple I. Lalu tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II pada publik. Sejak saat itu penjualan Apple II berkembang pesat. Lalu pada tahun 1978, Apple merekrut Mike Scott dari National Semiconductor untuk menjabat sebagai CEO yang berujung pada tahun-tahun kelam.

Baca Juga:   Sejarah 29 September: Hari Sarjana Nasional

Pada 1980 Apple Computer co memperkenal kembali Apple III, tetapi perkembangannya tidak sebaik saat memperkenalkan Apple II. Di tahun 1983, Steve Jobs berhasil memancing John Sculley untuk keluar dari Pepsi-Cola dan menjabat sebagai CEO Apple. Meski Jobs digambarkan sebagai direktur Apple yang persuasif dan karismatik, sejumlah karyawannya pada waktu itu menggambarkan dirinya sebagai orang yang selalu berubah pikiran dan temperamental.

Pada tahun 1984 Apple kembali memperkenalkan produk terbaru mereka, yaitu Macintosh, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang telah dikembangkan bukan oleh Apple, seperti di Xerox’s PARC.

Penurunan penjualan di seluruh industri menjelang akhir 1984 mengakibatkan keretakan hubungan kerja Jobs dengan Sculley. Lalu, pada akhir Mei 1985 setelah ketegangan internal dan pengumuman PHK besar-besaran. Sculley mengakhiri jabatan Jobs sebagai kepala divisi Macintosh. Setelah keluar dari Apple, Steve kemudian mendirikan NeXT, sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang berkecimpung dalam pasar pendidikan tinggi dan bisnis.

Pada 1996, Apple membeli NeXT seharga AS$402 juta dan secara otomatis membawa Jobs kembali ke perusahaan yang dulu ia dirikan. Pada tahun 1997, Jobs menjadi pemimpin sementara Apple setelah kepergian Gil Amelio. Jons bersama para rekannya mengembangkan komputer dengan teknologi canggih yakni Macintosh yang sampai kini masih dikembangkan dengan brand Apple Mac.

Dengan dibelinya NeXT Computer, banyak teknologi NeXT yang kemudian diterapkan ke dalam produk Apple terutama NeXTSTEP yang berkembang menjadi Mac OS X. Di bawah bimbingan Jobs, perusahaan meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. iMac yaitu komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilan.

Dan pada Agustus 2011, Jobs mengundurkan diri sebagai CEO Apple. Namun, Ia akan tetap menjabat di perusahaan tersebut sebagai ketua dewan perusahaan. Beberapa jam setelah pengumuman tersebut, saham Apple Inc. (AAPL) turun 5% dalam perdagangan pasca penutupan.

Lalu, pada 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia di California pada usia 56 tahun setelah tujuh tahun didiagnosis menderita kanker pankreas. Jobs meninggalkan Laurene, tiga anak mereka dan Lisa Brennan-Jobs, putri Jobs dari hubungan sebelumnya. Keluarganya merilis pernyataan yang mengatakan bahwa ia “meninggal dalam damai”. Pemakaman kecil Steve Jobs dilaksanakan secara tertutup pada 7 Oktober 2011.

Hingga kini, Steve Jobs dikenal luas sebagai seorang yang visioner, perintis dan jenius dalam bidang bisnis, inovasi, dan desain produk. Ia adalah orang yang berhasil mengubah wajah dunia modern, merevolusi enam industri yang berbeda. Kematiannya, adalah kehilangan besar bagi dunia.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password