7 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Dicoba, Simak Nih!

Foto: EPA

Bosscha.id– WhatsApp kini telah menjelma sebagai aplikasi pesan singkat terpopuler baik di Android maupun di iOS. Banyak orang yang memanfaatkan aplikasi ini untuk berkomunikasi dalam kerjaan, keluarga, teman,, atau demi pendidikan.

Selain bisa mengirim pesan berbasis teks, gambar, dan video. WhatsApp sebenarnya menawarkan fitur menarik kepada penggunanya. Berikut 7 fitur tersembunyi yang jarang diketahui di WhatsApp seperti dilansir CNBC Indonesia:


1. Membaca pesan tanpa diketahui pengirim pesan

Status online pada WhatsApp bisa membuat kita tidak nyaman karena teman pengirim pesan mengetahui kapan kita membaca pesan tersebut. WhatsApp punya cara untuk menghilangkan status online ini. Caranya: Setting -> Account -> Privacy -> Non aktifkan Non Receipts.

2. Menghemat data & memori di ponsel

Banyaknya pesan terkirim yang disisipkan foto maupun video, pastinya WhatsApp akan memakan ruang memori yang cukup besar di ponsel. Biasanya foto dan video yang masuk akan otomatis terdownload.

Maka dari itu bagi kalian yang ingin menghemat data tersebut, kalian bisa menonaktifkannya dengan pergi ke Setting -> Data and storage usage – kemudian atur di Media Auto Download.

3. Pengamanan ganda dengan biometrik

Fitur ini akan menghindarkan WhatsApp kamu dibajak oleh teman-teman yang iseng sebab fitur ini menggunakan pemindai sidik jari untuk membuka aplikasi WhatsApp.

Caranya aktifkannya: Setting -> Account -> Privacy -> Fingerprint Lock. Setelah masuk ini kamu akan diminta memasukkan sidik jari dan menentukan berapa lama aplikasi WhatsApp akan menutup sendiri.

4. Mengatur undangan ke dalam Grup

Kini tak sembarang orang yang bisa memasukkan kamu secara langsung dalam sebuah grup chatting. Mereka harus izin dulu.

Caranya: Setting -> Account -> Privacy -> Group. Di sana nanti akan muncul tiga opsi. Yakni Everyone (semua orang); My contact (mereka yang terdaftar di daftar kontak); My Contact Expect… (Semua yang ada di dalam kontak kecuali yang diblokir).

5. Bagikan status Whatsapp ke Facebook StoryDikarenakan WhatsApp dan Facebook tergabung dalam perusahaan yang sama. Maka Whatsapp menghadirkan fitur yang memungkinkan kita bisa membuat status lalu membagikannya atau langsung terhubung dengan Facebook Story agar lebih efisien. 

Caranya : My Status -> Buat status yang diinginkan -> Kemudian, akan tampil pilihan dan klik Share to Facebook Story. Atau kalian bisa secara manual pilih tab paling kanan di My Status -> pilih tanda titik tiga di paling kanan -> Share to Facebook Story.

6. Ubah teks dengan berbagai macam font

Tanpa harus mendownload aplikasi pihak ketiga, sebenarnya Whatsapp memiliki fitur font yang bisa kita pakai seperti Bold, Italic, dan lainnya. Namun untuk menggunakan font tersebut dibutuhkan trik tersendiri.

  • – Tulisan menjadi tebal :  kalian hanya perlu menambahkan tanda asterik atau dikenal juga dengan tanda bintang (*) diawal dan diakhir pesan yang akan anda kirim.
  • Tulisan menjadi miring: yang anda perlu lakukan adalah dengan menambah tanda underscore (_) diawal dan diakhir pesan yang akan kamu kirim.
  • Tulisan menjadi dicoret: Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menambahkan tanda tilde (~) diawal dan diakhir pesan yang akan kamu kirim.
  • Tulisan menjadi fixedys: Untuk mencoba font ini, kalian hanya perlu menambahkan 3 buah tanda (`) diawal dan diakhir pesan yang akan anda kirim.

7. Menandai pesan masuk agar selalu terlihat

Untuk memudahkan kalian mencari grup atau orang yang ingin dikirim pesan. Whatsapp memiliki fitur pin agar obrolan grup maupun perorangan tampil selalu diatas dari obrolan yang lainnya.

Caranya cukup mudah : Pilih grup atau orang yang ingin ditandai -> tekan yang lama hingga muncul ceklis -> pilih icon’pin’ diatas.

Source: CNBC Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password