5 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Quercetin adalah zat alami yang membuat bawang jadi berwarna warna merah gelap (Shutterstock)

Bosscha.id – Selain berguna sebagai bahan penyedap untuk berbagai macam masakan, ternyata bawang merah juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, sebelum lebih jauh mengetahui apa saja manfaat bawang merah bagi kesehatan. Kita harus tahu terlebih dulu kandungan zat gizi apa saja yang ada di dalam tumbuhan yang bernama ilmihan Allium cepa var aggregatum ini.

Bawang merah, memiliki kandungan kalori yang relatif rendah, dalam setiap 28 gram bawang merah, hanya mengandung 11 kalori. Sebagian besar tumbuhan ini terdiri dari karbohidrat dan air, dan tidak mengandung lemak sama sekali. Dan untuk kandungan Vitamin dan mineral, bawang merah ini tinggi akan vitamin C dan vitamin B6, sementara jenis mineral yang paling banyak terkandung adalah kromium. Bawang merah pun termasuk makanan yang mempunyai tingkat Indeks glikemik yang rendah yaitu hanya mencapai 10.

Nah, setelah kita tahu akan kandungan apa saja yang ada di dalam bawang merah ini. Maka kali ini bosscha.id akan berbagi informasi tentang bergamnya manfaaat bawang merah bagi kesehatan tubuh.

Cegah Kanker

Bawang merah mengandung zat yang disebut dengan quercetin. Yang dimana itu merupakan zat alami yang membuat bawang jadi berwarna warna merah gelap. Menurut University of Maryland Medical Center, zat quercetin termasuk kedalam antioksidan yang berperan penting dalam melawan efek radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Dan salah satu dampak penumpukan radikal bebas ini  adalah kanker.

Antioksidan seperti quercetin mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa zat quercetin dalam bawang ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker paru, kanker prostat, kanker ovarium, kanker usus, serta kanker endometrial.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi adalah sebab utama timbulnya penyakit diabetes mellitus. Bahkan menurut Center for Disease Control Prevention, kadar gula darah tinggi merupakan sumber dari segala penyakit degeneratif dan penyakit kronis.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di daerah Sudan, penderita diabetes mellitus tipe satu dan tipe dua yang mengonsumsi bawang merah mentah terbukti memiliki jumlah gula darah yang normal dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Environmental Health Insight, juga membuktikan hal yang sama bahwa bawang berwarna merah memang mampu untuk menurunkan kadar gula darah.

Dengan ini, para ahli pun menyimpulkan bahwa bawang merah ini memang mampu meningkatkan kadar insulin serta membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat lainnya dari bawang merah adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena bawang merah yang kaya akan allicin, dengan begitu akan membantu dalam mengelola kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Ini juga akan membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda karena kadar kolesterol dalam tubuh akan merendah, dengan begitu ini akan membantu mencegah munculnya aterosklerosis, serangan jantung, penyakit jantung koroner dan juga stroke.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan polifenol yang ada dalam bawang merah ini mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Kemampuan bawang yang dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Selain itu, menurut University of Maryland Medical Center, kandungan quercetin di dalam tanaman bawang juga dapat mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh Anda dari produksi histamin. Histamin adalah zat yang bisa membuat Anda bersin, menangis dan gatal jika Anda mengalami reaksi alergi.

Baik Untuk Diet

Yang terakhir, bawang merah pun baik untuk dijadikan campuran bahan dalam diet sehat makanan Anda. meskipun bukan makanan dengan nutrisi super banyak, namun bawang merah ini mengandung nutrisi penting dalam jumlah sedang seperti kalium.

Kalium adalah mineral yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Selain itu, ada juga zat besi yang dapat meningkatkan sirkulasi peredaran oksigen di dalam darah. Walaupun jumlah nutrisi tersebut tidak terlalu banyak di dalam kandungan bawang. Namun ini tetap dapat meningkatkan kerja fungsi tubuh secara keseluruhan dari makanan yang Anda makan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password